Review

Honda PCX VS Yamaha Majesty [atau cukup MIO ajach...!!!]

Varian skutik premium Honda PCX sejatinya hanya bisa ditandingi oleh Yamaha Majesty, karena memang kedua skutik ini setara dalam berbagai hal… PCX yang  menggendong mesin berkapasitas 125 cc dengan satu silinder yang dilengkapi fitur ECE 40 Mode cycle ini pun memiliki segudang fitur modern seperti idling stop system yang merupakan teknologi yang dapat membuat mesin PCX mati saat motor ini berhenti dalam waktu lama seperti di lampu merah misalnya.

Namun segala kedigjayaan Skutik Honda PCX itu ditanggapi dingin oleh pihak Yamaha, melalui Presiden Komisaris PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Yoshiteru Takahashi, dia mengatakan “Kami tidak tertarik, biar Honda saja yang main” ujarnya.

Alasannya, menurut Preskom yang akan diganti pada akhir bulan Februari ini, dikarenakan skutik premium seperti Honda PCX ataupun Yamaha Majesty memiliki bodi bongsor, sedangkan kondisi ini bertolak belakang dengan kebutuhan dan kesenangan orang Indonesia pada sebuah motor yang simpel dan ringan serta memiliki handling yang lincah.

“Karena dengan kondisi jalanan Jakarta serta Indonesia yang masih seperti sekarang ini, saya rasa skutik bongsor belum cocok untuk digunakan karena sulit bermanuver” tambahnya lagi…

Skutik-skutik besar seperti Yamaha Majesty atau Honda PCX itu menurut Takahashi lebih cocok untuk digunakan di jalan yang sudah mulus dan tidak terkendala masalah kemacetan.

So, jika begitu kondisinya apakah pihak Honda akan melakukan kontra strategi atau malah terpengaruh dengan psywar rival abadinya ini… Hehehe, kita tunggu aja…!!!

About these ads

78 thoughts on “Honda PCX VS Yamaha Majesty [atau cukup MIO ajach...!!!]

  1. yamaha setelah ngeluarin mx dan vixi kok jadi merosot dalam inovasi dan teknologi yah? padahal dulu termasuk yg paling lantang dalam klo ngomongin teknologi.
    dimanakah roh yamaha yg dulu?

  2. @au_ah
    mungkin siklusnya gitu, pas mau naik itu gencar dengan teknologi
    setelah dianggap mapan, strateginya konservatif
    nanti kalo udah mulai turun, gencar lagi

    btw Suzuki kok gak naik-naik ya?

  3. Instink bisnis aja Mas! Instink bisnis AHM sering banyak KECELE nya! Gak percaya?
    – Saat mengcounter dominasi Mio dengan matic bongsor Vario, tidak langsung dilawan dengan Beat
    – Saat keluarin Bebek injeksi PGM-FI (gak laku)
    – Saat keluar motor alien CS1 (gak laku)
    – Saat keluarin Blade (yang laku malah Abs revo yang diniatkan jadi penggembira)
    – Saat keluarin Tigi Mata Picek. Kurang laku!

  4. hayo. . . . ntar jadi bumerang lho. . .
    waktu itu honda kan pernah bilang mesin 250 cc kurang cocok dengan kondisi jalan di Indonesia , nyatanya kawasaki sukses besar dengan ninja 250r nya.
    ntar kalau pcx laris manis kayak ninja 250r ymki akan bilang kan yang komentar si takahashi yang udah pensiun . . . :mrgreen:

    keep brotherhood,

    salam,

    • ninja termasuk laris buat marketnya kawasaki mas, tapi kalo hitungan marketnya honda mah penjualan jeblok, jualan gak pernah lebih dari 3 ribu. lagian ninja gak punya lawan disini jadi mau gak mau yang punya duit lebih dan pingin motor yang keren ngambil motor ini. coba kalo 3 pabrikan lain ngeluarin 250 juga, bisa lain ceritanya. btw bagaimanapun juga ninja 250 tetap jadi motor idamanku :) .
      kalo PCX sebulan laku cuman 3 ribuan unit, saya rasa percuma aja jualanproduk ini disini, karena dengan angka 3000-an gak banyak nambahin market share ahm, ingat sekarang ini ahm lagi perang harga diri, kalo sampe tahun ini keok dari yamaha wah bisa berabe. mendingan AHM ngeluarin produk yang secara itung2an bakal laku banyak, misal scopy.

    • sing penting teknology karo harga seimbang,contone ninja 250r muanteeppp tenan gan….pcx???? oh..nooo….

  5. @lilin
    pada dasarnya semua atpm punya kesempatan yang sama dalam menjual sebuah produk, hanya saja yang membedakan adalah kejelian atpm tersebut dalam meriset sebuat produk yang sesuai dengan keinginan konsumen.
    kasus ninja 250r merupakan bukti nyata kekeliruan honda dan yamaha dalam menelorkan jajaran produknya sehingga kecolongan ama kawasaki.

    apa ndak ada produk honda atau yamaha yang fullfairing dengan cc 250 di luar sana ? saya kira banyak dan tinggal boyong aja kalau ndak mau repot produksi di sini ( langkah yang sama dilakukan oleh kawasaki yang mendatangkan ninja secara utuh CBU )

    semalem ane mampir di dealer kawasaki , ternyata unit ER6N dan ER6F sudah tersedia. . . mantabbbbb

    sepertinya memang ahm dan ymki lebih fokus di segmen skutik dana bebek yang memang jadi kue terbesar . . .

    keep brotherhood,

    salam,

    • setuju mas, memang semua atpm punya kesempatan yang sama, lha dimasa silam semua atpm punya basis 250 cc kok. cuman ya itu mereka lebih konsen ke kelas yang marketnya memang banyak peminatnya, ditambah lagi harga yang kejangkau. kalo kelas 250 keatas bukan gak ada peminatnya tapi melihat harganya jadi mikir 1000 kali. nah dari kasus inikan bisa jadi cerminan buat jualan PCX 125, mau laku banyak ya harga mesti kejangkau kebanyakan kantong orang sini. mau viturnya bejibun tapi kalo harganya mahal, saya yakin jualannya gak bakal laku. yah gampangannya lihat kondisi isi kantong kebanyakan orang indonesialah.

    • Haaaa ninin cuma kenceng di motor harian,Bukannya Honda gak bisa kenceng, seperti contohnya Tiger dan CBR yang sepertinya di limiter,karena AHM memperhatikan keselamatan si Rider, mau tau buktinya, di moto GP gak pernah gw liat k*was*ki di urutan 5 besar, paling finish di belakang2 dah bareng si S*z*ki, tanya kenapaa?? Honda dan yamaha mementingkan kenyamanan bukan seruntulan, buktinya banyak Rider 250cc ke atas yang gak sopan dijalan, mau ngebut? ya di Sentul

  6. @a’lilin
    ralat aja mas, ninja 250 penjualannya 800-an unit/bln. dulu waktu pertama keluar emang sempet diatas 1000 unit/bln. termasuk sukses buat pabrikan sekecil kawasaki dan untuk motor kelas 250 cc. kawasaki sendiri pada awalnya cuma menargetkan 500 unit/bln. angka 800 unit/bln termasuk luar biasa buat kawasaki. angka ini juga jauh lebih banyak dari gabungan penjualan zx130 dan blits.

  7. wah kl PCX kelasnya laen bro..jng disamain ma motor yg lain apalagi merk lain, aq smpt baca reviewnya motor ini bener2 motor lifestyle dengan fasilitas yg kereenn abissss….tampilannya aja jelas kl yg pake bakalan dilirik dijalanan, tp ingat safety riding bro…jangan gara2 liat pcx keren ntar meleng xixixixx…

  8. wah kl PCX kelasnya laen bro..jng disamain ma motor yg lain apalagi merk lain, aq smpt baca reviewnya motor ini bener2 motor lifestyle dengan fasilitas yg kereenn abissss….tampilannya aja jelas kl yg pake bakalan dilirik dijalanan, tp ingat safety riding bro…jangan gara2 liat pcx keren ntar meleng xixixixx…siap-siap keren bro

  9. harga IU 37 juta. Lewat AHM paling 30 jutaan. Tetep aja muahaaal untuk sebuah matic yang belum apa-apa udah direcall ini….

  10. menurut aku.. yg bs nerima kehadiran PCX, tau betul kemewahanx, so pst kagum banget dan ada kemampuan tu membelix.. lok yg g’ berani nerima kehadiran PCX, so pasti mencacat dgn segala ke- sok tahuanx yg seolah” pernah naek PCX (mimpi kalee..!!).. yg menurut aku tu “sirik tanda tak mampu beli”..
    so.. jgn ngaku kenal and tau banget lok megang ja g’ pernah, pa lg pe naeki PCX yg super muewah..wah..wah..wah..

    • tanpa banyak kata: “setuju…”
      Kesukaan terhadap kuda besi adalah hal subjektif, jd ga usah berdebat panjang, lu suka & punya duit silahkan beli…, ga suka & ga punya duit…ya cari duitlah biar punya…, hehe…

      Salam Manis,
      Honda Tiger “Picek” Owner B 6200 VBN

  11. pada intinya, kalo ngeluarin motor baru gak usah di bandrol dng harga mahal karena buat gantiin motor2 “kuno”. apalagi pcx masih 125cc, walo teknologinya canggih tapi sama aja kalo cc cuma 125. mendingan beli beat cuma 100cc, irit puuooolll…..atau bebek2 125cc. masih nanggung sich produsen motor indonesia, padahal pasti laku aja kalo mau ngeluarin cc besar (maksimal 250cc deccchhhh), kan udah punya segmen sendiri2….
    intinya….jangan nanggung…..udah nanggung, mintanya mahal pula…ffiiiuuuhhh….

  12. kalo majestynya dibandrol berapaan tuh? klo dari desainnya lebih keren majesty. seandainya majesty dibandrol sama dengan pcx pasti lebih laku si majestynya.. gue langsung inden deh..

  13. PCX,
    setuju dengan koment diatas. Model aduhai (+), harga juga aduhai (tapi -), alias kemahalan dengan CC yg cumam 125. Memang kelas tersendiri tapi mestinya yg cocok mesinnya sekitar 200CC. Kan skutik ini tujuannya untuk jarak jauh. Kalo di kota ya mending Vario CBS aja.
    Jadi masukan untuk AHM, TOLONG produksi dengan pertimbangan yg serius. PCX ini kesannya hanya cobax2. Honda pasti laku lah bila digarap dengan pemikiran yg serius, jangan tanggung.
    Go honda….

  14. Wah ramai juga ya… Saya Nico, saya pakai Majesty 125 sejak tahun 2007 sampai sekarang. Pulang pergi Cinere Thamrin setiap hari, 35km, hujan dan tidak hujan…hehehehe…body bongsor ya iya lah..cuma kalau udah tiap hari kayaknya body ngga masalah..patokannya cuma lebar setang. Majesty saya malahan pakai side box…jadi sebenarnya bodi besar kagak masalah ama manuver. Mengenai PCX, menurut gue sih ini motor menarik tapi harganya agak kemahalan. Majesty 125 sendiri aja yang bekas berkisar antara 27-35jtan. Kalau hoki bisa dapat murah seperti teman saya, sekitar 15jt…jadi tergantung hoki… mengenai hemat bensin atau tidak, saya buat statistik penggunaan BBM dengan pertamax plus ataus Shell Super Extra, Majesty saya sekarang sudah 50rb km, dengan rasio BBM 1 liter untuk 32 km, dan Rp230 perak per KM. Jadi menurut gue, lumayan hemat untuk ukuran scooter besar. Demikian pendapat saya… Salam Matic!

  15. mo pcx keq…mo majesty keq…mo ninja keq…semua sama2 mahal…hujan kehujanan, panas kepanasan…harga ga sebanding dgn pengorbanan, mending naek angkot aja deh…tp klo harganya dah turun seh mo jg beli hehe

    • rupamu yo ra tau numpak i wedok an jepang ae lo kok ngomong enak,paling mentok nonton bokep…

    • motor kaya pulsar mah gk ada larinya lagian juga harga jualnya jatoh masa motor pulsar 2008 harga sekennya 5jt kaya sepeda gunung gua

  16. naek motor mah merk apa ajalah.. sama2 kudu dibensinin, yang penting motor mu jangan sampai kalah kenceng dibanding delman.
    klu kalah ‘ma delman… mending naek delman aja dunk.. ada bonus mlototin panta kuda.

    bnyk lho… orng yg udh punya ninja 250 tapi juga melihara beat / mio.
    selain emang karena mereka kebanyakan duit.. utk pergi2 ke tempat2 tertentu.. pakai motor mahal terasa agak riskan / ogah kliatan mencolok,

    jadiii… silakan pikir2 sing manteb, klu udh punya pilihan tepat.. call aye, ntar aye survei buat perjanjian nyicil mongtor impian kalian itu.. ya ya ya…

    • naufal , ni buktihonda niru yamaha
      1.fino ditiru scupy
      2.majesti ditiru pcx

      tu motor molai aku smp audah ada jadi salah besar kalo yamaha niru honda

    • Iya di indonesia, di jepang yamaha ma honda duduk bareng, manas2 in elo orang indonesia yang ngebandingin yamaha – honda terus, … Honda .. memang lebih baIK

  17. pilih motor ? sesuaikan dgn kebutuhan dan isi kantong lah, jgn di paksain !
    klo mau gaya yah bedakin aja tuh motor, kasih lipstik, bulu mata anti badai dsb. hahahahaa
    salam PCX owner

  18. Suzuki Skywave Burgman 200 jauh lebih bagus dan harganya kalo masuk resmi disini kisaran 40-45 jt lebih masuk akal dibanding PCX yg lebih mewah dikit dibanding Skywave tapi berharga 2 kalinya. Bahkan dibanding Ninja 250 mending Burgman juga…

  19. klo soal selera motor memang HONDA PCX enak banget Dipake buat sendiri ya dan itupun klo di pakai di jakarta Lewat jm 10 malam … mantap enak banget ga ada pegel2 nya … tapi klo uda jam Macet boncengan wah tersiksa juga ,,, trus walopun Body Gede ttp aja di Tolak di Parkiran Valley motor Gede Sebagai contoh di Central Park…. heheheheh trus untuk Bagasi Super OK la muat jaket helm tanpa Perlu Nitip jaket helm langsung jreng .. plus minus motor ini Idling Stop nya Agak kurang berfungsi di kemacetan … baru mati uda Idup lagi karna ya gt La budaya Bikers kita Selonong Boy /girl Dilampu merah … wkwkwkkwwk trus kalo mlm takut juga ya Pengen Buru jalan soal yg berhenti cuma kita doank … kwkwkwkwkwkwkw apalagi uda jm 12 mlm ngeri boss ahhahahaha… Motor ini cocok nya klo jalanan ga macet mulus ada bnr juga boss … Jakarta kurang … klo buat jau juga speed standart pcx 120 km Saja … ngeri di tubruk dr blakang … bongsor pula body nya … truk kecil aja bisa 130-140 km kan tau sendiri lalu lintas indonesia… perlu skill lbh buat Naik ni PCX ….TAPI KLO UNTUK NYAMAN OK BANGET KAKI ga kaku DR Pada matic Lain ,, siku pasti nekuk …. tergantung Kebutuhan si ,, PERSONAL COMFORT XALOON cocok buat org SABAR ,,,

    -Gabisa Kenceng
    -Ga bisa salip2
    ahhahahahhaha itu pendapat saya LOh ,,,
    DAN
    UNTUK MOTOR 250 CC KEATAS COCOK BUAT RACE JALAN MALEM BUAT HARI2 PEMBOROSAN DAN MEMBUAT HATI PANAS MACET
    SAMA PCX JUGA SAYANG …. KASIAN MATI IDUP MULU KLO GA YA SAMA AJA GA KEPAKE IDLING STOP
    BOROS JUGA JADI NYA
    SEKIAN

  20. honda modelnya lebih keren + warnanya lebih mewah, tp sayang agak tinggi.. untuk kenyamanannya lebih nyaman yamaha, tapi modelnya jelek…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s