Review

Mendekati Blogger, Smart Strategy from AHM…

Saturday morning 14 Februari 2009, tepat jam 07.30 gue dateng ke tikum di Starbuck Tebet; disana gue berkenalan secara langsung di ‘dunia nyata’ dengan Mas Rudi Triatmono, Mas Adi, Mas Taufik, Mas Didi, Om Stephen Langitan, Andry, Donodomo, Saranto, Haryo, Arifin, Risna serta yang lainnya… Ya tidak salah lagi mereka adalah para Bloggers yg selama ini meramaikan ‘dunia maya’ dengan berbagai ulasannya masing-masing terutama seputar roda dua.

The Bloggers...

The Bloggers...

Pagi itu memang sudah janjian bahwa kita para Blogger diundang untuk kunjungan ke Pabrikan salah satu Motor (Yang bikin penasaran sampai hari ‘H’ Om Stephen gak bersedia kasih bocoran sama kita perihal pabrik motor yang bakal kita kunjungi…), Barulah setelah Mas Tedy memperkenalkan diri bahwa beliau adalah utusan Pabrikan Honda. Baru gue tahu bahwa pagi itu kita akan kemana… Senang sih… but out of our expectation bro…

Diantara Blogger Senior nih...

Diantara Blogger Senior nih...

Setelah menghabiskan satu blueberry cheese cake with berry apple juice, kita langsung cabut menuju lokasi (AHM Cikarang Plant-3rd) diantar naik Bus kelas executive bro… cihuyyy…

Sekitar 45an menit rombongan Blogger ini sampai di lokasi… Wahhhh, seluruh mata tertuju pada….

Sambutannya serius juga nih...

Sambutannya serius juga nih...

Hmmm, Apresiasi yang luar biasa dari sebuah Pabrikan motor roda dua di Indonesia, jika sebelumnya yang mendapatkan kesempatan ini adalah para wartawan otomotif sekarang sepertinya sang ‘market leader’ ini mulai menyadari bahwa peran blogger di dunia 2.0  memang tidak bisa dianggap sebelah mata, betapa tidak jika dilihat jumlah kunjungan (hit list) setiap blog yang bisa mencapai puluhan, ratusan bahkan ribuan kali dilihat, maka peran Blogger menjadi sangat strategis untuk di ‘dekati’, satu langkah cerdas buat pabrikan yang memproduksi 4000 unit motor dlm seharinya, dahsyat memang…!

Atribut yang kudu dipake saat acara...

Atribut yang kudu dipake saat acara...

Acara dilalui dengan ramah-tamah, perkenalan antara jajaran direksi AHM dengan para Bloggers serta penyampaian company profile dari PT. AHM, seluruh presentasi disertai dengan data-data penjualan dari pabrikan yang pada akhir 2008 & awal 2009 ini terlibat pertarungan seru dalam ‘perang iklan’ dgn Yamaha. 

Lihat Site Plan dulu bro..!

Lihat Site Plan dulu bro..!

Setelah itu kita diajak berkeliling melihat proses pembuatan motor dari awal pembuatan, perakitan, sampai proses pengecatan motor serta finishing test seluruh komponen unit.

(

Batas Akhir Pengambilan Foto nih...😦

Setelah puas berkeliling melihat seluruh proses produksi (sayang pada bagian ini kita tidak boleh mengambil gambar), lalu para Bloggers diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terkait dgn AHM dan produk-produknya… Wahhh, kesempatan langka ini langsung aja disambut oleh kawan-kawan bloggers, terutama gue… langsung aja menyiapkan pertanyaan sebanyak-banyaknya deh…

Seluruh Jajaran Direksi AHM Plant-3 Cikarang

Seluruh Jajaran Direksi AHM Plant-3 Cikarang

Kesempatan pertama Mas Rudi Triatmono untuk bertanya, langsung aja deh para jajaran AHM ini diberondong pertanyaan sama 7 pertanyaan sekaligus… Walah… dari warna ampe strategi marketing di tanyain sama do’i… Setelah menunggu giliran akhirnya kesempatan gue datang juga bro… gue bilang: Saya sdh menyiapkan setidaknya 5 pertanyaan tapi krn sisanya sdh diserobot sama Mas Rudi, yoo wis lah aku ngalah rek… Salah satu pertanyaanku, antara lain berkaitan dgn Tyger yang sejak thn 96 smp skrg cuma ganti baju dan ganti kacamata aja, padahal sdh mulai banyak kompetitor yg tidak ‘pelit’ dlm hal fitur & teknologi, gue bilang sebagai mantan pengguna Tyger (secara skrg pake Pzoo bro…) AHM dalam penjualan Tyger tertolong oleh Image & banyaknya komunitas yg tetap bela-belain pake tuh Tygi walau mesinnya gak ganti-ganti. Seharusnya konsumen dikasih reward dong dgn cara menelorkan produk yang benar-benar The ‘Real’ New Revolution… tul gak bro…! Terus kapan nih AHM mau meluncurkan Tyger 250 cc nya…

Pertanyaan pertama gue dijawab sama Pak Sigit Kumala selaku GM Marketing dan Product Development, memang beliau mengakui bahwa banyaknya komunitas pengguna Tyger besar pengaruhnya dalam menjaga image Tyger sbg motor impian setiap orang, ditambah dlm kategori Sport Touring posisi tyger belum tergoyahkan, jadi kalaupun dibutuhkan inovasi produk dlm penambahan CC mesin dan yg lainnya, kita akan hitung secara cermat kebutuhan konsumen kita. Maka tunggu saja tanggal mainnya… Begitulah Pak Sigit menutup pertanyaan gue…

Dari Jawaban Pak Sigit tadi disertai dgn Fakta bahwa saat ini AHM baru meluncurkan produk anyarnya yg lagi-lagi kelas ‘bebek’, semakin jelas memang arah strategy pemasaran AHM ini ke arah mana…

Memang sih kalo dibandingkan sama bebek pasar Sport touring ini ‘peanuts’ lah… Tapi tetap harus diberi perhatian lebih dong Pak, krn ceruk pasarnya tetap signifikan loh…

AHM Open House - Get Insight With Blogger 14 Feb 09, 3rd Plant Cikarang

AHM Open House - Get Insight With Blogger 14 Feb 09, 3rd Plant Cikarang

Btw SALUT untuk AHM yang sudah melihat Blogger sebagai salah satu stakeholder yang kudu didekati…

7 thoughts on “Mendekati Blogger, Smart Strategy from AHM…

  1. AHM ibarat pohon akarnya sudah menghunjam jauh ke dalam tanah dan tinggal mempertahankan posisi dan nama besarnya dari terpaan angin persaingan.
    yang patut diacungi jempol dari AHM adalah divisi riset dan marketing yang dimiliki oleh AHM , mereka dengan cerdasnya mendekati “komunitas maya ” dan yang diundangpun bisa dibilang dedengkotnya blog otomotif, dan ini belum pernah dilakukan oleh pabrikan lain.
    bisa kita lihat pemakaian figur masih menjadi primadona ikon iklan , katakanlah yamaha seteru hebatnya honda dengan valentino rosi nya .
    kalau ditilik dari teknologi menurut aku pribadi yamaha diatas honda, hanya saja tim marketing yamaha rupanya belum memperhitungkan komunitas maya sebagai media pembentuk image sebuah produk.
    harusnya langkah honda bisa diikuti oleh ATPM2 lain sehingga terjadi komunikasi dua arah antara ATPM dan customernya sekalipun dalam tanya jawab mungkin ada jawaban dari ATPM yang “kurang memuaskan ” dan customer dianggap tidak mampu beli kalau diberikan produk dengan fitur canggih.
    tapi dari temu blogger seperti inilah bisa kita ketahui titik temu antara ATPM dan konsumen yang diwakili oleh blogger.

    semoga ini menjadi titik tolak bagi semua ATPM di Indonesia,

    atpm lain ditunggu undangannya

    keep brotherhood,

    salam,

  2. Pingback: Dihadapan Blogger, AHM Pastikan Garansi 5 Tahun untuk Teknologi Injeksi PGM-FI | OTOMOTOBLOG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s