Review

Apresiasi ATPM terhadap Blogger, Strategi Marketing Atau..???

KoBOI - 4Berawal dari informasi rekan sesama Blogger Bro Stephen Langitan via milis KoBOI (Komunitas Blogger Otomotif Indonesia) tentang Undangan Buka Puasa Bersama dengan jajaran direksi PT. AHM pada 11 September 2009 kemarin, pertemuan ini adalah yang kedua kalinya bagi KoBOI dengan AHM dan berlangsung di Restoran Jepang Sushi-Tei lantai tiga Plaza Senayan.

Menurut gue pertemuan ini tentunya menjadi kesempatan baik bagi ‘KoBOI’ untuk mengkonfirmasi berbagai hal, karena dari pertemuan inilah segala kegelisahan dan kegundahan kita sebagai konsumen dapat langsung terklarifikasi oleh AHM. Namun pertemuan seperti ini juga ‘rawan’ dicurigai oleh penghuni dunia maya lainnya, selain mengusik independensi Blogger, pertemuan ini pastinya akan menghadirkan ikatan emosional yang kuat antara Blogger dengan jajaran direksi AHM, situasi seperti itu dikemudian hari sangat memungkinkan untuk memunculkan sikap ‘tidak-enak hati’ untuk mengkritisi secara langsung dan keras, suatu hal yang gue yakin sangat dipahami oleh jajaran direksi AHM.

KoBOI - 1Sedangkan dari sisi AHM langkah ini adalah manuver ‘cantik’ untuk memainkan strategi marketing baru yang bisa jadi belum dilakukan oleh kompetitor atau kalaupun akan dilakukan sudah ‘keburu’ terlambat. Pendekatan terhadap Blogger adalah langkah ‘kuda’ yang bisa jadi menarik bahkan tak terduga namun berdampak signifikan bagi strategi marketing baru ATPM. Info dari depkominfo yang menyatakan bahwa pengguna internet di Indonesia sudah mencapai angka 30 juta orang adalah ceruk pasar tersendiri yang juga harus mendapatkan ‘sentuhan’.

Terlebih pengguna internet hampir dipastikan kalangan terdidik dan sangat kritis terhadap produk, bahkan sudah menjadi rahasia umum bahwa konsumen type ini akan selalu melakukan pencarian informasi yang lebih dalam melalui blog-blog didunia maya sebelum memutuskan untuk membeli.

Suasana Diskusi

Kehangatan adalah hal yang paling bisa dirasakan dari acara buka puasa bersama KoBOI dengan jajaran direksi PT. AHM ini. Dari kalangan Blogger hadir sekitar 15 Blogger dari 20 yang direncanakan. Sedangkan dari jajaran direksi PT. AHM hadir pula Julius Aslan, Istiyani Susriyati, Kristanto,  Sigit Kumala, Agustinus Indraputra, Irwan Wibisono, dan personal petinggi AHM yang lainnya.

KoBOI - 3

Acara diskusi secara efektif baru dilakukan setelah acara berbuka puasa dilakukan, banyak pertanyaan yang dilontarkan dari yang sedang-sedang saja sampai yang agak pedas… Biasalah sebagai market leader tentu AHM banyak mendapatkan sorotan, dari membludaknya angka produksi motor Honda yang banyak berkontribusi terhadap kemacetan dijalan-jalan ibu kota, sampai meningkatnya angka kecelakaan bagi pengendara roda dua, bahkan tentang kasus Bu Prita yang digugat balik ketika curhat via email juga sempat disinggung, namun semuanya itu dapat dijawab oleh jajaran direksi PT. AHM dengan sabar dan bijak, walaupun terkadang cenderung normatif… Hehehe…

Namun secara keseluruhan langkah ATPM dalam hal ini PT. AHM untuk mendekati Blogger adalah langkah cantik bahkan cerdas yang membuktikan bahwa ceruk pasar penggiat dunia maya ini juga diperhitungkan dalam memberikan pengaruh terhadap keputusan konsumen untuk membeli sebuah produk. Tentu saja ada satu hal yang tetap harus dijaga oleh para Blogger yaitu keberpihakan terhadap konsumen harus tetap menjadi prioritas. Amin…

regards

Ardy

9 thoughts on “Apresiasi ATPM terhadap Blogger, Strategi Marketing Atau..???

  1. ati-ati ntar dianggap ” corong ”

    sori neh bro, ane lagi di palembang artikel belum sempat kirim

    keep brotherhood,

    salam,

  2. Tetap independen lah. Kalo emang salah yah dibilang salah. Kalo benar, ya diapresiasi.
    Corong atau tidak, tergantung masing-masing blogger.
    Thanks.

  3. Corong yo gpp, blogger pasti berani membela yang mbayar tho?
    Maksudnya atpm yg membayar konsumen dg setimpal,…
    produk2 yg berkualitas dan layanan yg bagus
    Harga sesuai tidak terlalu overpriced
    Teknologi yg advance smua untuk konsumen…
    Masak yg bgini ga di bela? Tapi kalo nanti ada atpm lain yg lbh baik ya di bela yg lebih baik itu tho?
    Gt aja kok repot

  4. Takutnya ntar dianggep corong lg..
    Tp namanya manusia,sdikit pasti ada rasa gak enak alias sungkan utk membahas kelemahan produk ahm spt yg dikatakan @bodats..
    Kalo bgus ya bgus pokoknya apa adanya..
    Smoga ttp netral
    Maju trus blogger!

  5. Harus netral dong, klo pun sampe ada yg gak netral bukan blogger namanya tapi penipu kali ya..hehehe, btw salam kenal buat all brother IBBC.

    Salam jabat erat selalu,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s