Review

1 st Anniversary KoBOI: “Diantara Hari Jadi & Strategi Marketing ATPM”

KoBOI dengan segala kelebihan dan kekurangannya telah berusia setahun tepat pada tanggal 14 Februari 2010 kemarin, diawal rencana penyelenggaraan HUT KoBOI ini memang sempat ramai dibicarakan di-milis KoBOI tentang siapa yang akan mensponsori the 1st Anniversary ini… Ya, selain komitmen KoBOI untuk tetap menjaga independensi kita, KoBOI juga tidak ingin diposisikan sebagai sub-ordinat ATPM, karena sejak awal komitmen yang dibangun oleh KoBOI adalah bagaimana menjembatani setidaknya dua kepentingan, yaitu konsumen dan pabrikan… Dengan begitu Hak Konsumen akan mendapatkan perhatian lebih dari pihak pabrikan, sedangkan pihak pabrikan dengan mudah mendapatkan informasi tentang kebutuhan konsumen… Hingga akhirnya terciptalah suatu hubungan yang saling menguntungkan, begitu bro…

Hermawan Kertajaya pernah menyampaikan kepada saya melalui artikelnya: “Pada era pemasaran sebelum New Wave Marketing-yang saya sebut sebagai era Legacy Marketing-media tradisional, baik cetak maupun elektronik, menjadi pemain tunggal dalam mempengaruhi masyarakat. Namun saat ini para blogger telah menjadi influencer baru dari dunia online yang memiliki pengaruh sangat besar. Kekuatan online media saat ini memang harus mulai diwaspadai oleh para pemasar. Perkembangan Web 2.0 seperti social media dan blog memungkinkan orang untuk menjadi produsen sekaligus konsumen langsung (prosumen)”

Artinya diera sekarang orang tidak lagi sekedar membaca berita-berita yang ada, tetapi bisa menjadi pencipta dari berita-berita tersebut. Dengan begitu, semua orang pada akhirnya nanti selama dia memiliki kemampuan untuk menggunakan dan mengakses jaringan internet maka dia sudah bisa mengungkapkan kegelisahannya atau kekecewaannya dengan bebas, bahkan dahsyatnya hal tersebut bisa dibaca tidak saja se-Indonesia tapi juga se-dunia bro… That’s why bloggers are calculated… Hahaha…!!!

Jadi, ibarat belati… Potensi Blogger sebagai penggiat media online dapat merusak citra suatu produk, namun disaat yang bersamaan peran Blogger juga dapat memperkuat citra suatu produk, sangat tergantung bagaimana kredibiltas sang Blogger, kualitas analisis dari tulisan yang dipublish oleh sang Blogger tadi apakah base on data atau tidak, dst…

So, itulah kenapa PT. AHM bersedia  menjadi sponsor tunggal The 1st Anniversary Komunitas Blogger Otomotif Indonesia (KoBOI)… So, who’s next…

😀

Foto: Mas Didik

7 thoughts on “1 st Anniversary KoBOI: “Diantara Hari Jadi & Strategi Marketing ATPM”

  1. menurut ane AHM paling cerdas, segera menyadari “cara promosi baru” meski harus disadari para bloger sama pengunjung warungnya nggak ada tedeng aling-aling ketika menemukan kelemahan suatu produk maka akan ngomong apa adanya dan seringkali membuat panas kuping para ATPM.
    sebaliknya mungkin saat ini blog adalah salah satu media komunikasi dua arah antara konsumen dengan atpm .

    keep brotherhood,

    salam,

    • @ Sabdho: Lah wong disini kita bebas bicara tanpa khawatir birokrasi… Yo bagus, kita katakan bagus… Sing elek yo elek ae… Ora iso kita ngapusi pembaca… Lah wong sudah cerdas semua… Xixixi…😀

  2. tetapi memang bener lho; saya juga gak nyangka di era komunikasi yang semakin terbuka ini keberadaan penggiat blog otomotif sangat diperhitungkan ATPM. dulu, sebelum ada internet komunikasi hanya media cetak, itupun banyak keterbatasan; misalnya jadi kurang update karena masalah waktu pencetakan dll. lha sekarang, saya aja yang dari Kab Bantul, Yogya bisa mengetahui informasi gress dari Jakarta, dari tulisan blogger komunitas KoBOI, itupun beritanya bisa disimpan…
    tidak membayangkan juga ATPM sekelas AHM berkenan menjadi sponsor tunggal kegiatan ini; ini memang karena selain marketing bagus [tentunya image ATPM tersebut terkatrol, setidaknya metode ini efektif mengedukasi biker biasa seperti saya ini]..
    saya juga yakin, komunitas ini independen dan tidak mau disetir begitu saja sama ATPM. objektifitas dan kekritisan narablog sangat dibutuhkan seperti saat ini, pertahankan dan lanjutkan!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s