Review

Selamat DYONISIUS BETI…!!! & Selamat Tinggal DONI TATA…!!!

Dear brothers… Pertarungan dua pabrikan papan atas tanah air Honda & Yamaha memang semakin ketat saja… Tak bisa dipungkiri bahwa tahun lalu Yamaha Indonesia berhasil menempel seterunya si-Sayap sebelah itu… Bahkan sang Garpu Tala sempat unggul beberapa bulan loch… Imbas dari hal tersebut, rencananya pada akhir Februari 2010 ini Wakil Direktur Utama YMKI Dyonisius Beti akan dipromosikan menjadi The New Presiden Direktur Yamaha Indonesia menggantikan Yoshiteru Takahashi. Suatu kabanggaan tentunya karena situasi ini tentunya merubah komposisi yang ada pada jajaran direksi, terutama pada posisi puncak yang sebelumnya selalu dipegang orang Jepang. Tidak ada kata yang pantas untuk diucapkan tentunya… Selain kata SELAMAT…!

Namun situasi KONTRAS akan terlihat ketika kita melihat prestasi Doni Tata, berawal dari menjajal ajang lomba 125 cc di Sepang Malaysia pada tahun 2006, Doni Tata lantas mencoba sepeda motor sport pada tahun 2007. Lalu untuk mengasah skill demi mengejar prestasi ikut dalam ajang bergengsi MotoGP, Doni ikut ke Jepang guna mengikuti balap motor All Japan Road Race Championship.

Di Jepang prestasi Doni memperlihatkan hasil yang membaik. Setelah hanya mampu finis diluar 10 besar, Doni akhirnya mampu finis kelima pada seri terakhir, Yah… lumayanlah untuk pembalap yang terbiasa menunggangi ‘bebek’ underbone… Hehehe…

Tepat setahun kemudian, pada tahun 2008 Doni mencoba mengikuti kelas 250 cc di Kejuaraan Dunia Balap Motor bersama Yamaha Indonesia, hasilnya… Doni hanya mendapat satu poin saja dari 16 seri yang diikuti…!!! Berlanjut pada tahun 2009 kembali Yamaha mengikutsertakan Doni di ajang World Supersport, yang pagelarannya dilaksanakan bersama dengan World Superbike. Hasilnya, dari 12 kali start, Doni hanya mendapatkan delapan poin saja.

Lalu ujian yang bernama ‘krisis ekonomi dunia’ itu datang, dampak dari itu semua berimbas pada Indoprom, promotor Doni Tata. Dengan alasan ‘krisis keuangan global’ itulah Yamaha Indonesia tidak lagi bisa memberikan bantuan besar kepada Doni seperti dulu… Namun situasi itu tidak lantas mematikan semangat Tim, Indoprom bersama Edmond Cho (manajer Doni) tetap berupaya agar karir Doni tidak mati muda…!!! Terbatasnya pasokan dana memaksa Tim hanya bisa mengikutsertakan Doni pada Kejuaraan Balap Motor Asia (FIM Asia GP) pada tahun 2010 ini. Ajang yang sebenarnya bukan hal baru bagi Doni, karena sebelumnya pada tahun 2005 Doni sempat menjadi juara umum untuk kelas underbone 115 cc.

Namun menunggangi motor sport dengan numpak bebek jelas beda banget bro… Yah, tentunya ini menjadi the last chance bagi Doni untuk membuktikan apakah dirinya layak jual dan kembali keajang bergengi di MotoGP atau sebaliknya… Tentunya bukan keinginan kita semua loch… untuk terburu-buru mengucapkan SELAMAT TINGGAL DONI TATA…!!!

So, HARAPAN itu akhirnya dikembalikan kepada Yamaha Indonesia agar lebih serius lagi mempromosikan Putra Bangsa Indonesia agar dapat berlaga di ajang MotoGP yang sesungguhnya… Tuntutan itu menjadi wajar karena perolehan keuntungan Yamaha yang berlimpah dari penjualannya di Indonesia… Data yang gue catat menyatakan bahwa penjualan motor yamaha pada tahun 2008 mencapai 5,8 juta unit, sebanyak 2,4 juta unit atau 42 persen-nya diperoleh dari Indonesia… !!! Bahkan pada tahun 2009 penjualan motor Yamaha ditanah air ditaksir mencapai 2.650.895 unit atau setara dengan 45,32 persen. Berdasarkan fakta itulah…!!! Tentunya tidak berlebihan bila kita meminta hal tersebut kepada pihak Yamaha Indonesia, apalagi setelah posisi stategis Presiden Direktur Yamaha Indonesia dipegang oleh Dyonisius Beti yang juga orang Indonesia. Maka sudah saatnya rasa Nasionalisme itu juga ‘Semakin di-Depan…!!!’

11 thoughts on “Selamat DYONISIUS BETI…!!! & Selamat Tinggal DONI TATA…!!!

  1. kedua…… ya itulah… kalo jaman dulu kita dijajah jepang dengan penindasan, tapi sekarang kita dijajah jepang lewat ekonomi…… nasib…nasib…..

  2. Tetap mendukung Doni ,tp udah klah pamor kykyk…
    .
    menunggu sepak terjang generasi penerusnya..
    -Rafid topan,
    -Dwi Satria&
    -Bocah ajaib asal Kalsel ‘Yudistira’

  3. Doni masih muda. Masih banyak kesempatan. Mungkin dulu kesalahan Yamaha yang terburu-buru ngatrol karir Doni, saat keterampilan dan mental balap Doni belum terasah banget. Selamat berlomba di Balap Motor Asia, Doni. Buktikan kamu bisa juara di event itu!

  4. Yah moga2 DYONISIUS BETI bisa merubah pelayanan yamaha menjadi lebih baik, jd saya mo bli motor ga harus indent 3bln and nambah duit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s