Review

Bloggers apakah sebuah ancaman…!!!

Dear Brothers and Sist, Kenapa kita harus capek-capek nge-Bloggs…?!?! Ibarat aktifitas menanam, nge-Bloggs memang butuh konsistensi, ketekunan, kesabaran, kemauan kuat untuk terus menambah pengetahuan melalui bacaan dan yang lainnya… Dan yang terpenting adalah keikhlasan untuk mau berbagi ilmu dan pengetahuan… Tanpa itu seorang Blogger akan kehilangan ‘ruh’ dan sulit menjaga konsistensinya. Blogger yang kini juga dikenal dengan istilah citizen journalism adalah sebuah entitas ditengah masyarakat yang juga melakukan kegiatan jurnalistik, karena itulah Shayne Bowman dan Chris Willis lantas mendefinisikan citizen journalism dalam The Future Is Here, But Do News Media Companies See It?, 2005. Sebagai ‘…the act of citizens playing an active role in the process of collecting, reporting, analyzing, and disseminating news and information”.

Atas dasar itulah keberadaan blogger terkadang bisa menjadi kompetitor bagi para wartawan & penggiat media lainnya, kok bisa..?!? Ya, jika diperhatikan ketika Blogger melakukan pengumpulan berita bahkan sampai berupaya untuk mendapatkannya dari ‘first hand’ langsung, hal tersebut menjelaskan bahwa wartawan saat ini tidak lagi menjadi satu-satunya pengumpul informasi, dalam konteks itu saya berani mengatakan bahwa saat ini telah terjadi pergeseran dalam proses pengumpulan berita.

Lalu, keberadaan Blogger yang semakin eksis saat ini dapat mempengaruhi peran media massa yang ada saat ini (cetak, elektronik) selanjutnya saya sebut media ‘konvensional’, alasannya warga saat ini tidak lagi melulu mengandalkan media massa ‘konvensional’, karena itulah media massa ‘konvensional’ itu akan bersaing dengan blog-blog pribadi yang cenderung menyampaikan informasi dari sudut pandang warga, yang jelas lebih obyektif dan ‘base on fact’ apalagi ketika sang Blogger itu menulis dari hati, tanpa tendensi apapun dan kepentingan bisnis dibelakangnya, jelas itulah kelebihannya dibandingkan media massa ‘konvensional’

Dahulu, media massa ‘konvensional’ bertindak sebagai produsen berita dan warga adalah konsumennya, namun kini batasan antara produsen dan konsumen berita itu sudah pudar, karena bisa jadi situs-situs warga melalui Bloggs pribadinya berubah menjadi sumber informasi bagi media massa ‘konvensional’ itu.

Kondisi diatas secara kasat mata telah menjadikan Bloggers sebagai ancaman baru bagi insan pers, bagaimana tidak..??!! Saat ini institusi pers harus bersaing bukan saja dengan sesama institusi pers yang ada, namun mereka juga harus menghadapi para Bloggers yang awalnya adalah konsumen berita mereka yang kini berubah menjadi produsen berita melalui Bloggs-nya. Hehehe… What a live..!!!

Tapi, dari situasi tersebut sekali lagi yang diuntungkan adalah warga… Ya, karena saat ini sudah tidak ada lagi monopoli informasi, semua orang berhak mendapatkan informasi langsung dari sumbernya…!!! Nah, disinilah peran Bloggers itu hadir, dia mengisi ceruk keinginan masyarakat yang haus akan informasi…!!!

Kekhawatiran munculnya institusi media yang dikuasai penguasa modal atau bahkan kapitalisme, membuat aktifitas citizen jornalism seperti menemui momentumnya untuk bangkit menyuarakan informasi dari pihak warga, hal yang dulu sulit untuk terjadi…

Ya, lihat saja, ketika saya menuliskan artikel ini, saya tidak membutuhkan approval seorang pemred dan tidak usah khawatir kalau tulisan saya bakalan habis dipenggal oleh sang- editor, karena saya adalah reporter, editor bahkan pemred bagi diri saya sendiri dan saya akan publish tulisan saya melalui media pribadi saya, yaitu Bloggs ini…!!!

So, akhirnya saya harus mengatakan, bahwa saya bangga menjadi salah seorang Bloggers…!!!

😀

10 thoughts on “Bloggers apakah sebuah ancaman…!!!

  1. status blogger kini sudah bisa menjadi profesi, walaupun awalnya hobi.. dan kabar baiknya PWI menyambut baik dg profesi baru ini, apalagi jika blogger mendaftarkan diri ke PWI dan bisa mendapatkan kartu pers.
    *) pendafataran gw di PWI DKI kantor Harmoni lagi diproses

  2. Ya masuk PWI untuk gaul-gaul gitu kali ya?🙂 mungkin ilmunya sedikit banyak dapet juga.

    Saingan… emm, masak ya? Tapi memang makin banyak cara orang untuk mendapatkan info… nggak tahu kalau apa ada relasinya ke penjualan medianya sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s