Review / Test

Pertarungan Motor Sport berharga 17,5 Juta s.d. 21 Jutaan. Dimana Posisi New MegaPro?

Saat Test Ride New Megapro

BERAWAL dari kesempatan menjajal New MegaPro (NMP) pada acara buka puasa bersama yang digelar oleh PT. AHM Sabtu, 21 Agustus 2010 yang lalu di kawasan SCBD Jakarta, terlintas dibenak gue untuk membahas sengitnya pertarungan motor di-kategori Mid-End Sport dari aspek harga jual OTR, alasannya karena untuk hal yang bersifat teknis maupun impresi berkendara sudah banyak dibahas oleh sesama Bloggers KoBOI di warung sebelah…:mrgreen:

Metode yang gue pake untuk membahas pertarungan harga motor di-kategori Mid-End Sport ini mengacu pada beberapa pertimbangan yang cukup sederhana dan berdasarkan penilaian subyektif pribadi. Boleh dong…!!! Nah, Pertama gue melakukan inventarisasi daftar harga motor dikisaran Rp. 17,5 Juta sampai dengan Rp. 21 Jutaan; lalu pertimbangan Kedua adalah isi silinder berkisar 150 Cc sampai dengan 200 Cc; Ketiga fitur yang ada pada setiap motor. Setelah itu ketiga pertimbangan tadi gue bandingkan dengan NMP, barulah akan terlihat hasil pendapat gue tentang bagaimana Posisi NMP diantara petarung Mid-End Sport lainnya.

Nah, dari hasil inventarisasi harga yang gue lakukan setidaknya terdapat 9 (sembilan) jenis motor yang akan bertarung di-kategori Mid-End Sport, dari setiap pabrikan yang ada terlihat hampir berimbang karena setiap ATPM yang ada baik Jepun maupun Indihe mengirimkan masing-masing dua delegasi untuk bertarung di-segmen ini.

Siapa saja para petarung di kelas sempit namun penuh tenaga ini… Monggo di-Cekidot bro :

Sebut saja TVS pabrikan asal negeri Sahrul Khan ini melibatkan TVS Apache RTR SD (Rp. 17,5 juta) dan TVS Apache RTR DD (Rp. 18,5 Juta) untuk meramaikan pasar sport tanah air. Berikut spesifikasinya…

Selain itu BAJAJ yang saat ini masih diliputi keraguan untuk membangun pabrik di Indonesia, mempercayakan Pulsar 180 (Rp. 18 Juta) & stok terakhir Pulsar 200 (Rp. 21 Juta) untuk ikut dalam peta persaingan. Berikut spesifikasi Pulsar 200

Pabrikan Jepun sebagai pemain lama juga tidak kalah serius menggarap pasar sport yang diprediksi memiliki ceruk pasar hanya 8% – 10% dari total pasar sepeda motor nasional ini. Yamaha sampai dengan saat ini masih stabil dengan Pasukan Vixion-nya (Rp. 20,95 Juta), apalagi ditambah ‘The New Genesis’ of Byson (Rp. 19,9 Juta) makin memperkuat positioning Yamaha dikelas Mid-End Sport.

Namun seakan tak mau kalah sang Market Leader Honda menggebrak dengan New MegaPro type CW (Rp. 19,5 juta) dan New MegaPro Type Std (Rp. 18,3 juta) pasukan elegan NMP ini memang dipersiapkan untuk merebut tahta sang Garpu Tala, selain itu menurut pendapat gue saat ini AHM jauh lebih siap menghadapi gempuran Yamaha di-segment motor sport. Berikut spesifikasi ‘Sang Pendobrak’ NMP :

Nah, untuk ‘geng ijo’ Kawasaki kudu berjuang keras memperebutkan ceruk pasar ini dengan mengandalkan monster penggaruk tanah KLX 150S (Rp. 21,7 Juta). Berikut spesifikasinya…

Selanjutnya lihat tabel daftar harga sepeda motor di-kategori Mid-End Sport…

Terlihat harga terendah untuk sepeda motor di-kategori Mid-End Sport dipegang oleh TVS Apache RTR Single Disk dan harga tertinggi melenggang sendirian Kawasaki Trail KLX-150S.

Sedangkan kalo kita perhatikan pabrikan Yamaha sangat rapat dalam menentukan harga Vixion dan Byson, terhitung selisihnya hanya Rp. 1.050.000,- Hmmm… apakah ini merupakan strategi bagi garpu tala untuk menyelamatkan dua type sport ini agar tidak terjadi kanibalisasi diantara keduanya. Ya, kita tunggu saja bersama-sama… Selain itu, Bajaj dengan produk Pulsar-nya relatif bisa menjaga posisi aman, Pulsar 180 ditugaskan bertarung mengambil ceruk pasar di kelas 20 juta kebawah, sedangkan Pulsar 200 kudu fight di kelas 20 juta ke atas… Yang menarik adalah New MegaPro, motor sport keluaran Honda dengan nickname NMP ini memposisikan dirinya dibawah Byson dengan selisih harga hingga Rp. 400.000,- dan selisih Rp. 1.450.000,- dibawah Vixion… Harga yang sangat kompetitif, cukup sakti untuk menganggu penjualan Vixion-the giant killer, tapi apakah juga mampu menghalangi kebuasan Byson… Hmmm, biar waktu yang menjawab deh…

:mrgreen:

Lalu saatnya kita telisik masing-masing fitur yang ada pada setiap sepeda motor, untuk kemudian gue lakukan penilaian dari kaca mata pribadi, apakah harga yang ditetapkan oleh setiap pabrikan itu wajar atau malah over pricing… Bersambung ya…

33 thoughts on “Pertarungan Motor Sport berharga 17,5 Juta s.d. 21 Jutaan. Dimana Posisi New MegaPro?

    • Betul Om Tulus… Suzuki Satria FU 150 dengan basis mesin DOHC ini awalnya masuk dalam bidikan gue, tapi karena secara genus lebih deket ke bebek jantan:mrgreen: jadi urung untuk disertakan… Maunya sih Suzuki FXR 150, tapi karena dah gak jelas dimana rimbanya… So, dalam hal ini Suzuki absen dulu deh…😀

    • sebenarnya ada cara agar honda blade dapat dikategorikan ke dalam motor sport yang gagah…

      caranya gampang, yaitu dengan DIBAKAR…

      jadilah HONDA FIREBLADE…

      kwek..kwek..kwek..

  1. Yup… Satria jangan dimasukkan kategori coz masuknya segmen bebek…setara dengan CS 1…
    Informasi yang menarik, ngambil dari sudut pandang yang berbeda…

  2. Adakah rider pulsar yang kemaren ikut acara test ride NMP/Byson??? kalo ada, tolong dong kasih tahu kedua motor itu ma UG4 enakan mana….

    thanks

    • Sebelum lebaran saya coba test drive (surabaya), klo dibanding Pulsar 180 & 200, jauh om…. Mantabh Pulsar… tp klo NMP itu dudukkannya juga lumayan enak, unggulnya dia cuman di MonoShock & Tubless saja.. itu aja.. klo tangki lebih kecil dari pendahulunya (Mega Pro), untuk tarikannya maknyos PULSAR… (memang utk pertama NMP melejit cepat, tapi tgu Pembakaran PULSAR sempurna bbrp detik, tuh NMP jauh di belakang kayaknya). Secara Body juga gagah Pulsar. Body Vixi, NMP lewat. Kalo Byson ane blm coba… di sby blm ada kekna…

    • So Pati enak UG4, NMP jauh di belakang…. hny perubahan di Mono shock & Tubless saha, sedangkan utk head lamp yang menyatu dgn Spedo agaknya sp dipaksakan.

    • maaf yah ,setau saya bajaj ga ada persamaan nya yah onderdil nya?inden ga tuh?katanya bekas nya harus di bawa dan di tukar dengan yang baru beserta uang dari harga seher/piston dll.bener ga tuh???

  3. Masing2 punya srtategi sendiri untuk bs menguasai pasar…namun yang terdepan tentu lah ada. kt siap2 ja untuk sama-sama saksikan New Mega Pro menjaji yg terdepan.. wehehehe

  4. Kyknya KLX gak sesuai deh diikut-sertain, kan gen-nya trail. Tapi berhubung terlanjur diikutin, ya aye dukung deh, maklum… atas nama EX250R, hehehe…
    “Walk On The Green Side”

  5. ikutan nimbrung nih….walaupun ane bukan penggemar motor yang dibahas…karena ane lebih suka naik rx-king…..tpi menurut ane yang paling kereen ya jelas bajaj…..lihat saja pada specifikasi pada enginenya. bandingkan dengan yang lainnya dengan kompare ke besar cc nya ya. kalau nmp wah soory banget ane kagak merekomendasikan dengan teknologi honda yang jadul (maaf ya ) kalaupun ane ada duit dari motor yang diatas ane pilih pasukan hijau secara bisa 2 alam thanks atas kesempatan yang diberikan untuk comment

  6. berita jadul nih… yang sekarang mah ga kaya gini… minerva udah ikut serta ditahun 2012 dengan new minerva R 150 VX nya yang di PRJ 2012 kemaren..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s