Review

Cek Kebersihan Injektor dengan Yamaha Injector Tester

SETELAH mengetahui Cara Mudah dalam membersihkan injektor, berikut saya sampaikan cara kedua dalam membersihkan injektor yang saya dapat saat mengikuti Workshop Yamaha Mixture Jet Fuel Injection untuk Blogger beberapa waktu lalu. Cara kedua ini, oleh pihak Yamaha di-klaim sebagai “Cara Akurat” karena menggunakan alat khusus bernama Yamaha Injector Tester.

Yamaha Injector Tester (foto : dok pribadi)

Yamaha Injector Tester (foto : dok pribadi)

Saat menggunakan Yamaha Injector Tester (YIT), perlu diketahui 4 (empat) istilah yang terdapat pada alat ini, yaitu Air Bleeding, Spray, Jet Amount, dan Cleaning. Berikut adalah fungsi serta kegunaannya : 

  • Kode A : Air Bleeding berfungsi untuk membuang sisa tekanan pada injektor.
  • Kode B : Spray berfungsi utk melihat kualitas pengabutan/semprotan injektor, melihat kondisi injektor (bagus/tidak).
  • Kode C : Jet Amount berfungsi utk melihat perbandingan volume bahan bakar, dibandingkan antara injektor baru dgn injektor lama (punya pelanggan) setelah dibandingkan akan diketahui kondisi injektor pelanggan.
  • Kode D : Cleaning berfungsi untuk membersihkan sisa karbon yg terdapat pada lubang injektor, alat YIT akan mengatur waktu 180 detik secara otomatis, selanjutnya akan terjadi reaksi pembersihan sisa karbon yg melekat pd injektor.
Yamaha Injector Tester (foto : dok pribadi)

Yamaha Injector Tester (foto : dok pribadi)

Cara menggunakan Yamaha Injector Tester :

  1. Setelah melepaskan injektor dari motor FI kita, selanjutnya injektor dirakit ke YIT. Injektor diletakkan pada posisi puncak YIT, disana sudah terdapat dudukan dengan pengaturan khusus dilengkapi baut dan selang bertekanan yang akan digunakan untuk menguji kelayakkan injektor.
  2. Langkah pertama mengaktifkan tombol Air bleeding, fungsinya untuk membuang sisa tekanan pada injektor – Langkah ini dilakukan tanpa menyalakan fuel pump, dan cukup tekan tombol start, dan YIT akan mengatur sendiri waktu yang dibutuhkan untuk langkah ini adalah cukup 10 detik saja).
  3. Untuk melihat kemampuan injektor dalam menyemprotkan bahan bakar bisa menggunakan Jet Amount, pada langkah ini perbandingan volume bahan bakar akan terlihat pada tabung, dan perbandingan antara injektor baru (sebagai pembanding) dengan injektor punya pelanggan akan terlihat kemampuannya. Langkahnya adalah tekan tombol Jet Amount lalu start, lalu akan terjadi reaksi cairan mengalir dari lubang injektor ke dalam tabung, dari sana akan terlihat perbandingan antara dua type injektor (baru – sebagai pembanding dan injektor punya pelanggan) secara terukur, durasi untuk melakukan ini adalah 60 detik.
  4. Untuk melihat kualitas pengabutan injektor masih berfungsi baik atau tidak bisa menggunakan teknik Spray pada YIT. Injektor pada YIT dipindahkan kearah samping (kotak kaca), disana injektor akan mendapatkan tekanan angin dari pompa, setelah itu proses pengabutan terjadi, teknik perbandingan injektor baru dan lama juga masih digunakan pada langkah ini.
  5. Terakhir adalah melakukan proses Cleaning fungsinya membersihkan sisa karbon yang mungkin saja masih terdapat pada lubang injektor, alat YIT akan mengatur waktu secara otomatis dan durasinya adalah 180 detik.

Demikian semoga bermanfaat… Salam!

10 thoughts on “Cek Kebersihan Injektor dengan Yamaha Injector Tester

  1. Pingback: Cara Mudah Bersihkan Injektor pada Motor Fuel Injection « BroArdy's Perspective

  2. yamaha perlu pikirin bengkel motor di pinggir kota dan desa, mau makan apa mereka kalo semua diganti injeksi, lagian pake karburator juga gampang perawatannya, gak ribet lagi !!!

    gue tetep pilih karbu lah, gampang di korek nye !!!

    • betul masbro… klo semua mtor injec… kami bengkel motor desa g bs ngatasin… soalnya alatnya jg g dijual utk umum.

  3. kl mau eksis bngkel kecil harus mau belajar dan nerima teknologi biar mahal,mau tidak mau harus ngikut, lagipula kl smua bngkel non resmi udh bnyak yg bisa djamin para rider akan lari ke bengkel kecil,pinggiran non resmi untuk skdar servis mtr injeksi,dmn2 ongkos perbaikan bengkel non resmi lebih murah hal ini udh mndarah daging di indonesia ini,bisa ditawar malah bs ngutang,kl di beres mn bs srba mahal

  4. klo mau injec….. alatnya jg hrs dijual umum… knp bengkel kecil g blh beli??????????…..inilah kenyataan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s