Review

Workshop Photography with Darwis Triadi by Astra Honda Motor

WOW! gumamku dalam hati saat Siska Daulika, Customer Information & Community Development, HC3 Division I PT. Astra Honda Motor (AHM) mengajak pewarta warga untuk ikutan Workshop Photography bersama Om Darwis Triadi. Acara ini digelar pada hari Sabtu, 3 November 2012 di Hotel Sultan. Dan, “YA, InsyaAllah saya hadir” jawabku sebagai tanda konfirmasi melalui surat elektronik.

Pada hari ‘H’ rekan-rekan blogger masuk keruangan Asean 4-5, dan disana sudah hadir Om Darwis beserta tim dan peralatan Photography yang sudah di-setting dengan lengkap. Setelah memilih duduk pada meja bundar dikanan depan, saya pun mengikuti dengan seksama materi yang disampaikan. Dalam catatan saya, om Darwis Triadi mengawali kelas dengan kalimat “Saat ini telah terjadi revolusi dalam dunia Photography” jelasnya. Dan paparanpun berlanjut menjelaskan kisah kamera analog menuju digital, hingga trend photography kedepan yang akan dekat dengan konsep mobile photography. Bahkan, mengenai mobile photography mas Nugroho Adi sudah mengulasnya secara khusus di-sini.

Lebih lanjut, om Darwis Triadi menyimpulkan bahwa photography itu adalah mengenai bagaimana memanfaatkan cahaya secara optimal. “Foto = Cahaya” begitu tulisnya pada kertas flip chart yang menjadi media presentasi. “Sederhana sekali ya…” sekali lagi ku bergumam dalam hati.

om Darwis juga menambahkan, untuk memanfaatkan cahaya dalam photography cukup perhatikan 3 (tiga) hal saja, yaitu: ISO, F, dan Speed. Dan jangan terlalu dipusingkan dengan variable lain yang bersifat teknis.

“Biarkan hal teknis nan canggih itu difikirkan oleh pabrikan si-pembuat kamera. Yang kita lakukan adalah meng-explore skill photography kita, terutama pada saat menentukan komposisi, karena tidak semua orang punya kemampuan ini” jelasnya.

Lebih lanjut saya mengulik info dari wikipedia tentang Photography, dan berikut kutipannya:

Fotografi (dari bahasa Inggris: photography, yang berasal dari kata Yunani yaitu “photos” : Cahaya dan “Grafo” : Melukis/menulis.) adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.

Prinsip fotografi adalah memokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya. Medium yang telah dibakar dengan ukuran luminitas cahaya yang tepat akan menghailkan bayangan identik dengan cahaya yang memasuki medium pembiasan (selanjutnya disebut lensa). Untuk menghasilkan intensitas cahaya yang tepat untuk menghasilkan gambar, digunakan bantuan alat ukur berupa lightmeter. Setelah mendapat ukuran pencahayaan yang tepat, seorang fotografer bisa mengatur intensitas cahaya tersebut dengan mengubah kombinasi ISO/ASA (ISO Speed), diafragma (Aperture), dan kecepatan rana (speed). Kombinasi antara ISO, Diafragma & Speed disebut sebagai pajanan (exposure).

Dari sekian banyak manfaat yang didapat, ada satu hal saja yang membuat saya ‘merasa kurang’, yaitu tentang durasi workshop photography ini yang terasa singkat. Atau mungkin saya sedang mengalami gejala teori relativitas-nya Albert Einstein? Yaitu, ketika waktu terasa cepat saat kita berada ditengah-tengah suasana yang menyenangkan, sebaliknya waktu terasa lambat, tatkala kita pada situasi yang tidak menyenangkan…😀

Btw, thanks to Astra Honda Motor terutama pada Ibu Istiyani, Pak Nyoman, Siska, dan tim HC3 Division I PT. Astra Honda Motor (AHM). Saya akui kreatifitas tim HC3 untuk meracik acara khusus blogger ini memang jauh lebih maju dibandingkan pabrikan lain. Bahkan undangan kali ini cukup membuat saya berat untuk mengatakan “tidak”, kecuali “Ya”. Nah, selanjutnya saya sedang menduga-duga, kejutan apalagi yang akan muncul ya…???😀

(Monggo di-intip foto-fotonya)

5 thoughts on “Workshop Photography with Darwis Triadi by Astra Honda Motor

  1. Wow.. Salut sama Honda blogger juga di ajak workshop photograpy, nextnya ada workshop apa lagi ya buat blogger? HONDA MANTAP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s