Review

Semakin Di Depan dengan ‘New Look’, Asa Yamaha Indonesia di Tahun 2013

ADA banyak cara dan upaya untuk memunculkan semangat baru ketika menyonsong era baru, yang paling ekstrim diantaranya adalah mengganti nama perusahaan beserta logo-nya, atau sekedar merubah desain logo pada sebuah produk atau tagline perusahaan. Begitulah yang dilakukan oleh Yamaha Indonesia pada Jum’at, 25 Januari 2013.

Acara peluncuran logo “Semakin Di Depan” yang dihadiri oleh duo rider Moto-GP Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi ini terbilang istimewa, kenapa? Faktor pertama adalah come back-nya Rossi kedalam keluarga besar Yamaha dan faktor kedua yaitu kehadiran Lorenzo dan Rossi yang tampil secara bersamaan di Indonesia. Ulasan mengenai come back-nya Rossi dan Lorenzo sepertinya sudah banyak di bahas di warungnya mas Taufik dan IWB, sedangkan saya mau sedikit mengulas tentang kenapa harus ganti logo.

Logo baru, spirit baru?

Kenapa harus ganti logo? Untuk mencari landasan berfikirnya saya mengutip pendapat Martadi seorang Dosen pada Jurusan Seni Rupa dan Desain di Fakultas Bahasa dan Seni pada Universitas Negeri Surabaya, ia menyatakan sebagai berikut :

“Bagi suatu perusahaan atau organisasi, logo merupakan cerminan dari nilai-nilai ideal tujuan organisasi, yang meliputi aspek: visi dan misi, ruang lingkup kerja, serta budaya perusahaan. Logo merupakan representasi dari ide-ide yang abstrak  menjadi sesuatu yang nyata, dan berperan sebagai wajah dari perusahaan tersebut.  Sebagai bahasa penanda, biasanya logo ditampilkan berupa simbol yang mencerminkan citra tertentu yang sengaja dibangun oleh suatu perusahaan atau lembaga.

Citra perusahaan atau corporate image adalah bagaimana suatu perusahaan atau lembaga dilihat dan dipersepsikan oleh masyarakat. Melalui jati diri perusahaan atau lembaga dibangun suatu citra yang positif, melalui logo. Logo adalah simbol yang menunjukkan eksistensi suatu perusahaan atau lembaga. Ketika suatu perusahaan dicitrakan kurang baik, citra tersebut melekat pula pada logo. Dan Apabila suatu perusahaan ingin membangun citra yang baru, maka perlu upaya  memposisikan ulang citra yang telah terbentuk di masyarakat” (Martadi, Januari 2002).

Dari pendapat diatas maka muncul pertanyaan baru, yaitu “Apakah pihak pabrikan Yamaha di Indonesia merasa memiliki citra yang kurang baik sehingga harus melakukan perubahan desain logo?” atau pertanyaan lainnya adalah, “Apakah Yamaha Indonesia ingin memanfaatkan momentum come back-nya Rossi dan hadirnya sang Juara Dunia Moto-GP 2012 di Indonesia?” Sudah barang tentu kehadiran mereka berdua harus di-kapitalisasi se-optimum mungkin untuk meningkatkan Brand Awareness Yamaha Indonesia agar benar-benar “Semakin Di Depan”.

Semakin Di Depan vs ONE Heart

Lalu, jika pertanyaan kedua yang mendekati kebenaran, maka jargon “ONE Heart” milik pabrikan ‘Sayap Mengepak’ akan benar-benar mendapatkan tekanan yang luar biasa besar. Pendapat saya begini, tahun lalu pertarungan jargon diantara dua pabrikan ini sama-sama diwakili oleh SATU ORANG pembalap MotoGP, yaitu PEDROSA sebagai Brand Ambasador “ONE Heart” vs LORENZO sebagai Brand Ambasador “Semakin Di Depan”. Nah, tahun 2013, pabrikan ‘sayap mengepak’ dengan warna dominan merah ini bukan hanya menghadapi LORENZO seorang, tapi juga sang legenda hidup Valentino ROSSI sebagai Brand Ambasador “Semakin Di Depan” Yamaha Indonesia.

Formasi 1 orang PEDROSA versus 2 orang, yaitu LORENZO (Juara Dunia tahun 2012) ditambah Valentino ROSSI sudah pasti bikin “ONE Heart” jadi dag dig dug, jika tidak ada counter strategy yang efektif dari pihak Astra Honda Motor (AHM) Indonesia, bukan tidak mungkin Brand Awareness yang dibangun oleh Yamaha Indonesia dengan duo Brand Ambasador sekaligus akan membuahkan hasil yang optimum. Demikian pendapat saya…

Berikut foto-foto peluncuran logo Semakin Di Depan – Yamaha Indonesia… Cekidot bro :

One thought on “Semakin Di Depan dengan ‘New Look’, Asa Yamaha Indonesia di Tahun 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s