Events

Vespa Family 67th Anniversary di PARJO-2

Otomotoblog - Banner Vespa

OTOMOTOBLOG.com – Siapa tak kenal Vespa, tampilan khas nan unik ini bisa dibilang awet dari dulu hingga kini. Garis desain motor Vespa ber-genre skuter ini tak banyak perubahan berarti, hampir semua type dari berbagai generasi Vespa selalu menyajikan konsep yang sejak awal dibangun oleh Enrico Piaggio bersama seorang insinyur aeronautika Corradino D’Ascanio.

Vespa yang berarti Lebah dalam bahasa Italia ini bisa dibilang buah dari sikap keras Enrico Piaggio yang ngotot membuat produk untuk mobilitas personal. Jika ditilik dari sejarahnya, sebelum memproduksi skuter Vespa, keluarga Piaggio mengawali bisnisnya dengan memproduksi kapal mewah, kereta, body truk, hingga pesawat terbang, bahkan sempat menjadi produsen pesawat terbaik di Italia sebelum akhirnya hancur karena Perang Dunia kedua.

Pertanyaannya Kapan Vespa masuk Indonesia?

Dari berbagai sumber, didapat informasi berikut. Sejak 1963, Indonesia mengirim pasukan perdamaian di bawah naungan PBB. Negara tujuan Kongo, Afrika Selatan. Sekembalinya dari benua hitam tersebut, para tentara membawa ‘oleh-oleh’ vespa. “Tipenya Classic, kapasitasnya 150 cc”, papar Roni Rasidi, pebengkel spesialis vespa di Jl. Wijaya Timur, Jaksel.

Pada pertengahan 1965, beberapa importir mendatangkan vespa langsung dari Itali (Build Up). Beberapa nama sampai saat ini masih terus ‘bermain’, salah satunya adalah PT Gunung Slamet (GS). “Yang impor ayah saya, saat itu saya masih sekolah. Tipe yang pertama kali diimpor Sprint dan Super. Cuma saya enggak ingat berapa unitnya”, bilang Phillip, direktur PT GS di kawasan jalan Sukarjo Wiryopranoto, Jakarta Pusat.

Dengan berkembangnya pasar, pada 27 Juli 1970, PT DanMotors Vespa Indonesia (DVMI) didirikan sebagai agen tunggal pemegang merk (ATPM). Saat itu PT DVMI mendatangkan komponen secara semi knock-down. Sembilan tahun kemudian (1979), didirikan PT ICCO Murni Indonesia (IMI) dan perusahaan ini memproduksi komponen dan cetakan bodi, serta machining vespa. Sepuluh tahun kemudian (1989), IMI bergabung dengan DVMI. Lalu sejak 1992 DVMI telah memproduksi komponen mesin. “Tujuannya penghematan devisa dan adanya peraturan pemerintah untuk menggunakan penggunaan komponen lokal”, tambah Gershy Singgih, Senior Manager Commercial PT DVMI.

“FESTA FAMIGLIA, 2013” Vespa Family 67th Anniversary Celebration

Ohya, bagi pecinta skuter Lebah silahkan aja untuk datang di acara Vespa Family 67th Anniversary di PARJO-2 Sabtu – Minggu, 6 -7 April 2013 Jam 10.00 am – 10.00 pm, di Arena PARJO-2 Parkir Timur Senayan, Jakarta. Kalo boleh berharap sih, Vespa 946 yang pernah dipajang dalam gelaran Pameran Otomotif EICMA 2012 sudah nonggol di lokasi PARJO-2, mungkin gak ya? Yah, untuk sementara intip videonya dulu deh…🙂

2 thoughts on “Vespa Family 67th Anniversary di PARJO-2

  1. hey gan,,, ayo segera gabung ???
    poker 88,situs poker online indonesia uang asli,situs poker online terpercaya, dewa poker, texas poker, poker club,poker online indonesia
    jangan sampai ketinggalan .. di KartuKeren kamu bisa mendapatkan keuntungan besar:
    Bonus 100% untuk setiap Deposit Dan Tidak Hanya itu saja. .
    BONUS Special kami melakukan Withdraw + BONUS 10% dan Deposit 3x BONUS 10%
    Bonus Referral sebesar 20%
    ayo langsung daftar aja sebelum promonya di tutup
    Klik Di sini http://www.mentaripoker.com/mentaripk/index.php

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s