Review

Duel Skutik: Xeon 125 vs Vario Techno

Dear brothers and sist, menurut gue penjualan sepeda motor kedepan akan lebih didominasi oleh type skutik, selain simple tunggangan jenis ini memang cocok banget dengan kondisi jalan diperkotaan yang cenderung macet. Type skutik lebih mudah dikendarai, tinggal puntir gas motor sudah bisa melaju dengan mulus, hal tersebut terjadi karena Skutik mengusung teknologi continuously variable transmission (CVT) yang diadopsi dari mobil.

Perseteruan pabrikan papan atas di-tanah air ini masih didominasi oleh Yamaha & Honda; Duel diantara keduanya memang tak pernah usai. Pada segmen ini Yamaha memang masih sedikit lebih unggul dibandingkan Honda, sehingga wajar saja kalo Yamaha ingin tetap menjaga superioritasnya dengan meluncurkan Type skutik anyar ini pada hari Jum’at 30 April 2010 di X2 Club – Plaza Senayan Lt.4, Jam 15.00. Woowww… serba ‘X’ nih… Type Skutik berawalan ‘X’ & launching di ‘X2 Club’ yang juga berawalan ‘X’. Hmmm… nice co branding… Hehehe…

Pada bagian dada kedua variant skutik ini sudah mengadopsi double headlamp, hmmm… tinggal pilih yang mana, suka yang meruncing atau membulat…

Tampak sisi depan bagian kanan kedua variant yang sama-sama menonjolkan body dengan garis desain yang manis…

Tampilan panel speedometer kedua variant, Xeon di-kiri & Vario Techno di-kanan. Xeon terlihat lebih simple sedangkan Vario terkesan lebih lapang.

Nilai tambah Skutik Yamaha Xeon 125 (selain dari ukuran cc) adalah pada penggunaan material Cylinder Diasil & Forged Piston yang konon lebih kuat & berdaya tahan tinggi, untuk itu Pihak Yamaha berani memberikan garansi 5 tahun/50.000 km.

Sedangkan kelebihan Skutik Honda Vario CBS Techno, adalah dari aspek keamanan, yaitu pengaplikasian Comby Brake System (CBS) yang dapat membantu pengereman, dengan sistem ini kedua roda baik depan dan belakang dapat berhenti secara hampir bersamaan, sehingga dapat menghindari ban terkunci ketika terjadi Panic breaking braking. Selain itu side stand switch-nya juga bisa membuat mesin mati ketika standar samping dibuka. Ditambah fitur Parking brake lock.

Nah, terakhir tentu adalah dari segi HARGA… Karena penentuan harga yang tepat akan membuat Skutik ini laris manis. Vario CBS Techno sudah resmi dirilis dengan harga Rp. 15,5 Juta, itupun kita harus sabar nunggu 1 sampai dengan 2 bulan.

Mungkin peluang inilah yang dilihat oleh pihak Yamaha ketika meluncurkan sang Mr. ‘X’ (Xeon 125) ini, sekaligus juga memberikan pilihan baru bagi konsumen yang kecewa karena harus indent lama untuk bisa membawa pulang Vario Techno. Tinggal sekarang mau di-HARGAI berapa sang Mr. ‘X’ ini, akankah head to head dengan Vario CBS Techno yang kalah dalam kapasitas mesin tapi unggul pada fitur safety.

Atau justru sang-Mr.’X’ ini akan dipakai sebagai ‘senjata pemusnah massal’-nya Yamaha untuk membunuh type Vario CBS Techno dengan memberikan harga yang berpihak pada konsumen yaitu sekitar 14 Jutaan.

Dengan cc diatas Vario type apapun, desain body yang menarik serta jaminan garansi 5 tahun untuk Cylinder Diasil & Forged Piston-nya membuat siapapun akan mempertimbangkan untuk melirik sang Mr. ‘X’ ini. So, the choice is yours…!!!

201 thoughts on “Duel Skutik: Xeon 125 vs Vario Techno

  1. Bro Ardy lebih suka skutik dibanding bebek ya?
    Padahal gak ada tuh skutik goreng yang enak, walau sudah direbus berbulan-bulan :mrgreen:

    *nuang karbit*

    • Om Nadi, lagi cari-cari jenis skutik yang mumpuni tapi bersahabat dikantong… Hehehe… 😀

      *Sambil nyari daftar kuliner bebek goreng….

  2. kayaknya jauh deh klo sampe bisa nyaingin Sutekno.
    selain cc yg lebih besar gak ada lagi kelebihan si xeon.
    dari desain, fitur Sutekno masih beberapa tingkat diatas xeon.

  3. Setelah aku bandingin desain keseluruhan (krn dah ngliat langsung) aku lebih prefer XEON, lebih manis (gula x). Apa lagi kalo dihargai <15 jeti. Bungkusss…

  4. Diperhatikan desain nya biasa-biasa aja gak ada yang wah di yamaha xeon ini hanya cc nya aja yang di perbesar, selain ini masih 11-12 sama mio soul yang gambrot dan bulat.
    perkiraan yg 113 cc aja dah boros mita ampun, palagi yg 125 cc pasti lebih boros lagi.

    akan sangat berat untuk melawan CBS techno, scara desaiin techno lebih ciamic, kalau xeon masih ke mio-mio an dah bosen dengan bentuk yang itu-itu saja…

    dilihat dari teknologi dan fitur masih jauh di bawah Vario techno.

    sayarasa akan berat nih si xeon ini untuk melawan vario techno, hanya orang2 yg panatic yamaha aja yang mungkin tertarik akan produk ini.

    • belum tentu bro, setau gw gak sekedar diperbesar cc-nya, mesin beda setau saya,
      nah kalo mio biasa malah kalo dibore-up bisa lebih irit tuh,
      jadi kita lihat saja nanti 😀

  5. “sehingga dapat menghindari ban terkunci ketika terjadi Panic breaking”
    sepertinya itu fungsi ABS bukan CBS, kalo CBS bayangan saya sederhananya seperti rem mobil satu tuas untuk rem depan belakang, hanya saja untuk motor masih tetep ada rem depan yang independen.
    satu lagi breaking apa braking.
    MDLMDL(MonggoDipunLeresakenMenawiDalemLepat)

    • Yup, betul mas… maksud saya juga begitu mas, monggo dikutipnya dari ujung mas “dengan sistem ini kedua roda baik depan dan belakang dapat berhenti secara hampir bersamaan” jadi tidak benar-benar berhenti seperti pada sistem ABS, tetapi dapat berhenti secara hampir bersamaan, begitu mas…
      satu lagi, sing bener ‘panic braking’ Maturnuwun mas…
      😀

  6. sebegitu advance kah CBS di motor?? saya rasa tidak. selagi belum disertai ABS! (maklum kmrens melintir di puncak krn hujan, licin & rem moblnya lom ABS…)

  7. teknologi combi brake tidak serta merta membuat pengereman menjadi tidak terkunci … murni hanya menyeleraskan kebutuhan pengereman depan-belakang saja ..

    teknologi rem yang tidak akan membuat ban terkunci ya hanya di sistem ABS

    • jangan nuduh dulu sebelum ada bukti……..nyatanya supraX 125cc lebih irit ketimbang supraX 100cc……apa ini bisa jawab?

    • tetep pilih tekno lah, irit, bentuknya itu loh tajam bgt dr desain body n mesinnya unggul bgt pa lg bln maret 2012 bakal diluncurin vario cbs 125 cc injeksi. Aduh bikin xeon mrinding lg ke laut

  8. Masing-masing skutik ini ada kelebihan dan kekurangannya…
    Sekarang tinggal bagaimana cara agar market sharenya bisa terpenuhi tapi bersaing secara sehat aja bro…..

  9. Pingback: Masuk Blogs of the Day Top Posts Bahasa Indonesia, Kok Bisa « Learning To Life

  10. kalo diriku pengennya sih motor sekelas supersport, sayangnya tuh pabrik jepang gak bisa ngasih!!!

    kalo dipikir-pikir dari jaman nenek aye masih hidup sampe dia menghadap yang maha kuasa, gak pernah tuh aye lihat ada perubahan teknologi di motor-motor jepang,

    Yang sering sih…. GANTI BAJU, GANTI STRIPING, sama GANTI MODEL IKLAN deh… KATRO!!!!!!!!!!

  11. Hadew jd bingung ni, pilih vario techno apa xeon ..Dr bodynya sih aq prefer di xeon, tp boros ga ya?Kalo tarikannya enak mna ni?Bwt cwe cocok yg mna ya??pusink…

    • kalo buat cewek yang paling baik mending pilih sutekno,sdh jelas itu laki2 cocok buat cewek yang butuh laki2, tapi kalau mr.X belon tentu laki2 bisa jadi perempuan ya..jadinya leesbi dong… he…..

  12. @ bro nadi : lu banget sih bro nadi ini.:)
    Teteup aja ya lebih suka techno, kan matic itu mengusung kenyamanan dan pastinya juga keamanan…

  13. Kalo ane, kok kurang demen sm matic ya, terutama buat commuter jarak yg rada jauh. Kalo cm utk urusan jarak deket, memang lebih praktis. Tingkat konsumsi bensin matic yg sangat gak bersahabat, ane rasa bakal menekan trend motor ini bila subsidi BBM benar2 jadi dicabut. Rata2 temen ane yg pake Mio susah tembus 1:33-34 biar bawanya dah seirit mungkin di dalam kota, kalo Beat mendingan, bisa 1:40. Vario & Mio Soul jg 1:35-36, kalo Vario Techno masuk 1:37-38. Sbg komparasi, ane dulu biasa bawa bebek macam Shogun atau Kaze, bawa irit bisa 1:50-55, bawa Jupie MX masuk 1:43-45, dan sekarang bawa Pulsar 200 dgn teknologi DTSI, bisa 1:40-45 dalam kota. Bayangkan, motor sport bermesin 200 cc 18 HP dgn bobot 143 Kg bisa lebih irit dibanding motor matic yg cc nya jauh lebih kecil !!

  14. ane bener pusing milihnya nih..dri 2 skutik ntuu yang mna yah yang bisa menanggung beban lebih berat dan gak pengaruh mesin and sockbreker mantap… secra ane ma bini berdua chuby nih tapi mau make metik…ada yg bisa kasih masukan dri agan2 skalian…

  15. yamaha sebenarnya ngk terlalu wah dengan produk barunya XEON.bisa dilihat misal liquid cooler,toh vario teknoooo dah luncurin dari dulu,terus masalah garansi 5 tahun …itu jadi tanda tanya besar,,mengapa kalau motor itu bagus mempunyai garansi yang lama hingga 5 tahun? padahal honda yang sudah handal dan terpercaya hanya menggaransi motornya 3 tahun…lalu masalah irit dan boros sebenarnya relatif ,hingga saat ini yamaha yang dibilang mempunyai matic yang boros toh tetap laku keras di pasaran….lalu produk macam apa yang harus di beli konsumen,jika produk yang di tawarkan hanya untuk bahan mainan produsen “sebentar sebentar baru ” ngk ada perubahan produk yg berarti

    • hahahha…
      bnr jg ntu om, tkut kgk laku x,,,
      honda mh ribet bwt d’korek”, mndingn jg yamaha simple kgk ribet dah kye honda, ude gtu mlh bs lbih irit lg klu ude d’korek, pko’ye lwat dah vario vario techno mh

  16. sekarang kaya nay sayap tunggal pengen conteknya segala….rangak jupiter aja di contek wat ke blade…..malu aatuh yg pake honda…pake barang contekan..tapi masih di bangaain walahhhhhhhhhhhhhhh…pantesan di motogp di tinggal ama Rosii.

  17. pabrikan terbesar nya di HRC jepang gak bisa berkutik……apa lagi cm AHM..Indonesia…………Dolo memang jago wong gak ada saingan nya……sekarang ada yamaha….kaya kebakaran jenggot….

  18. keduanya mirip..harga juga ga jauh beda..makanya pilih Honda yang jauh lebih futuristik dan lebih irit…ya iyalah…
    klo unit udah sama…trus mau lihat apa lagi?
    Honda memang tiada duanya..

  19. emang ahm coba berusaha niru body yamaha biar kelihatan sporty, contoh nya seperti suspensi belakang motor blade atau abs revo kesannya dipaksain agar lebih sporty tapi jadi kaku dan aneh.

    • hahahaha…
      kbngtn beud mksa’n emg ntu, nyata’ye stiap x gw srvice mtor” honda byk yg ngluh ntu yg pnya’ye

  20. kasiaaan..

    blun coba xeon ud blg boros…

    dulu yamaha desain nomor 1 skr performa nomor 1.

    irit boros.. segitu2 aj..

    beat dpke narik boros..

    mio dipake narik biasa2 aja..

    enggak boros kq…

    yg blg 113 cc boros siapa?
    bisa ga tu pke matic cara yg bner…

    matic hnd cm bwt yg mw tgl pke naik pake turun matiin..

    kuno..

    ymh dlu emg gt.. tpi bgt naik mtc ymh.. sresa surga.. tak ad boros utk performa mtc ymh yang sbgitu mengesankanya….

    ada product hnd yg grnsi 5th?

    smua ad kurang ada lbh…

    slbihnya.. consumen is the first..

  21. pada ribut semua, weheee…
    tinggal liat nti kdepanya aja, kalo uda pada beli kan ngerasain sendiri..
    irit ya irit boros ya boros..
    ini cuma masalah fitur & teknologi (Vartech) VS performa (xeon)
    kalo lomba irit vartech VS xeon ga usa pada ribut lagi, jelas irit vartech mau gmana2 juga asal masih sama2 standar.. Xeon emang diklaim ga boros karena tanki bensinya juga gede, hee…
    kalo lomba balap vartech VS xeon nah, jelas ngebut xeon..

    ini bukan masalah garansi 5 tahun bro, motor2 honda dan yamaha yg jadul aja bisa puluhan tahun smpe skr.. ya kan? ngakuuu…
    gw rasa kalo semua motor dipake normal dan dirawat pasti lebih dr 5 tahun..

    gini aja deh, klo mau santai dan elegan pake Vartech,, klo yg hobi kebut2an pake xeon, cc gede ga digunain syang kan? mio aja uda kebut 🙂

    • Ane udah nyoba ke2nya enak Xeon bro pegimana santai n elegan polisi tidur mentok terus cape deh, kaki yg diboncengin panas kacian deh, rem musti di pencetna keras2 ga pakem jg, ban licin mesti ati2, dikendaliinnya kagok ngegibek kalo kenceng, lampu redup bohlam cepet putus padahal baru beli, mesin panas air radiator kurang mulu..nyusahin jual ajalah pakai xeon aja

  22. johanezzanti….emg ymh gk nyontek jg tuch.ente lht donk,sblm yamaha v ixon kluar,
    knpa honda cbr di peretelin,apa itu gk nyontek…..malu donk,

  23. kalo xeon bodynya BANTET,techno bodynya lebih keren enak d’lihat meskipun ccnya kecil,masih bisa d’ajak ngebut.buat apa cc gede body JADUL gak bisa gaya

    • sutekno mesin cepet panas bro kaki yang diboncengin ngebul salah letak radiator kayanya tuh sutekno

    • hahahaha…
      ente blm tw aje techno begimne dlmn’ye, rbet boy, gw mh segen klu d’sruh nyrvice mtor bgtu’n rebek ude tebek, bagel,,
      yhhhh nyusa’n dah

  24. Emang Vario CBS mesti ditarik dan didesain ulang itu produk penempatan radiator panas di kaki yang bonceng waktu test drive fine ajah pas jalan jauh baru berasa panas banget..nyesel belinya

  25. wah info bagus nih…coz lagi mo beli matic dari kemarin mo xeon ato vario ato beat…
    setelah baca ni info kemungkinan besar jatuh pada xeon daripada vario nih…

  26. Xeon udah boros bensin & desainnya kalah jauh sama Vartech yg lebih elegan, xeon motor cewek! nyesel lw kalau beli beneran saudara gw 2 minggu yg lalu motor Y mr.x baru di kirim k rumahnya 2 hari kemudian dia langsung ganti minta ganti Varteh..! gk tau knapa! klw gw boleh suggest dari pd Xeon mending skywave 125 atau varteh..!

  27. untuk urusan mesin halus dan irit bahan bakar, blm ada tandingannya HONDA. Saya “mata keranjang” gonta ganti motor dari berbagai merk. Tapi, yg lainnya urusan masing-maing. Panatik pada motor bike ga berdosa kok…! asal ingat jakatnya 2,5% kali harga dealer bagi fakir miskin

  28. Gw udah make Vario Techno, tapi ternyata susah banget buat dimodif….ada yang tau dimana bisa cari sparepart variasi techno?

  29. aneeqh ea,,,yg belii cash muniie teu d lieuk2 acandt,,,ari nu d kredit muni nyingceung eta pgawaii honda……huuuuuuuu,,,,,,,,,,dasarrrrrr

  30. mending tambah 4 juta dpt v-ixion black
    hondaaaaaaa KO ^^
    pndapat w emg subyektif,,,
    97 k2k w bli crypton 99 w bli supra x keluaran ptama…
    2008 supra w dah amburadul,crypton k2k w masi kokoh
    2008 w bli v-ixion,,,megapro ga masuk hitungan hahah harga 11-12 pdahal
    secara subyektif w suka produk yamaha…

  31. Tambah 5 juta dapet Byson euy tambah 80jt dapet yg 750cc anyway skutikmotor keluarga istri jg bisa, yg penting gak ngangkang lage yamaha tak tertandingi 🙂 XEON

  32. Gw beli mio, istri gw beli vario tekno, tapi pas gw ajak tuker pake istri gw kaga mau, katanya enakan vario tekno,akhirnya karena mio gw kempes kena paku gw berangkat kerja jalan kaki.

  33. yang irit mah sepeda atuh…. mau xeon atau xeox, mau vario atau keseleo … pokoknya sepeda tetap paling irit… hidup sepeda…

  34. adik gw barusan beli xeon dpt hrg 16jt. punya q vartech punya istri honda beat. dari 3 motor tu kesimpulannya
    XEON : BOROS, MESIN KASAR, LARINYA KENCENG BANGET tapi cepat pegal dan shocknya keras.
    BEAT : IRIT, PANTAT CEPAT PANAS JOKNYA TIPES, LARINYA KALAK MA XEON SHOCK OK.
    VARTECH : menurut gw sempurna cmn CCnya gurang besar coba kalau 125cc wahh….
    SELANJUTNYA TERSERAH ANDA

  35. Whewww…kalo ak dr dulu dagh jth cinta ma Honda, tggl bingung, W plh vario techno, mama W blg bodyna bagus an Mi*, trs klo mo plh Hon** mama w blng plh aja scoopy,, sumpah jd bingung kmrn Budhe mnyarankan beli Xe**, aknya sich mlh jd bingung, yg sjujurnya lbh baik yg mana yach
    pdhl bln dpn ak mau beli…

    # Ksh w saran dunk gaaaannn… 🙂

  36. body gue milih texno akselerasi milih xeon tapi menurut gue 2 2 nya enak dipakai dalam kota dan kurang nyaman untuk keluar kota. kalau urusan keluar kota gue milih skywave NR II dgn alasan ; double sok, ring 16″, jarak sumbu antara roda lebih panjang -+ 10 cm, jok lebih lebar + lebih panjang -+ 10 cm, kerangka lebih kokoh ( seperti motor bebek ) dan ada bantalan serta dibuat elastis antara kerangka bawah dan atas membuat minim getaran, dan enak di bawa nikung walau kecepatan tinggi. akselerasi putaran tengah dan atas berani bersaing, topspeednya 115 km/j dgn premium 120 km/j dgn pretamak. kekurangannya waktu star sedikit berat, mungkin berat motor yg mencapai 113 kg dikala ngebut terasa nyaman & stabil.

  37. saia juga pake mr.x..
    Baru dua bulan pakai kunci kontak gak bisa di puter…akhirnya ganti kunci kontak yg baru,dan yg lucunya temen saya yg ikut2tan beli mr.x…
    Eehh temen saia juga mengalami masalah yg sama ..

  38. Ane jg ngalamin pengen xeon apa vartech..
    Cm xeon sekarang hrganya muahal banget..
    Di t4 ane (surabaya) hrga xeon 16.030.000 sementara vartech non CBS “cuma” 15.250.000 klo yg CBS 15.850.000..
    Akhirnya pertimbangan harga pilih vartech non CBS..
    Krna CBS sndri gak ngaruh klo dipake kecepatan tnggi..
    Mending beli model aja..
    Andai harga xeon gak semahal itu (dpet info per desember hrga xeon naek lagi) mungkin ane bakal ambil xeon..
    Emank xeon skrng lagi laku-lakunya..
    Apa daya keuangan cm bs buat nebus vartek non CBS..

  39. apaan thu xeon.. cc nya aja tamabah besar.. tpi exelerasi lemot bgt.. kyk keong.. dibwa sante aja seimbang.. di bawa ngebut 110km/h keatas, motor langsung goyang.. beda bgt ma vario.. wlo gas pull mpek 120km/h.. motor tetep seimbang.. suara mesin halus bgt.. beda ma xeon, lok dah 115, suara mesin kyk disiksa kubur.. top speed xeon cuma 115( cc aja 135).. vario 130..!!

    bisa dibuktikan

  40. hahahahahaha… gw sudah menetapkan gan, sory sama sales2 honda disni, gw pilih xeon aja.. alasannya?? GW SUKA aja..kwkwkwkw

  41. gw pake xeon,bini pake vartech, dua2nya gw bilang sama aja enaknya,buat akselerasi xeon topdah,buat santai vartech okdah tapi boncengan kaki krasa panas!…waktu beli pertama vartech cash dapat 15,5jt th09,terus beli xeon oktober kmaren cash 15jt! konsumsi bensin 11-12 tipis sama2 minum pertamax.
    Buat motorider semua tinggal selera dihati…peace!!!

  42. kaloo aye sih mending vartech deh, cz IRIT ELEGAN SOCK EMPUK MESIN ALUS, nyesel ane pilih ymh dulu, beda jauh bgt ama vartech, baru berapa minggu v-belt udah bunyi “nyit -nyit” risih aye gan. *apalagi agan agan yang kurang* ….

  43. Kalau saya sih pilih Xeon, Soalnya CC lebih gede, otomatis Daya awalnya akan lebeh gede, apalagi kalau punya istri yg gendut, rasanya perlu cc yg lebih gede. Saya sendiri pake Beat, kadang maksa di awal karna daya kurang gede tuk boncengan. Kalau masalah body saya lebih suka Xeon dari Sutekno. Menurut saya Sutekno hanya menarik pada first sight aja, tapi kalau diperhatikan lama-lama ternyata aneh juga, ngak seperti pangangan pertama. Kalau Xeon Awalnya ngak gitu menarik, tapi setelah diperhatikan dengan jeli ternyata Xeon memang benar-benar cantik dan sedap dipandang walopun lama. Kesimpulanya: Sutekno Manis dan Xeon Cantik. Kalau sy lihat cewek manis cepat bosen tp kalo yg cantik ngak pernah bosan… Pandangan pertama sering salah…

  44. wah2,….
    liat tred diatas jadi tambah bingung.
    duaduanya sama seru.
    akhirnya ane putusin aje dah, sapah yg bisa nganterin lebih cepet, itu yg ane ambil.

  45. akhir taun kemaren beli xeon, 15.5 jt…emang mantabh larinya, spontan dan gk pake ngeden, bahkan dipake bertiga ma anak istri gk kerasa berat di mesin…udah cb vario tp xeon lebih enak posisi nyetirnya..jadi…itulah alasanku kenapa beli X, soal bensin gk usah ribut, tergantung kita bawanya…

  46. **

    wah pada ribut sendiri,,
    ehm berdasarkan pengalamn ane yang udah pernah pake 2 produk tersebut baik jarak jauh maupun dekat (coz ane udah pernah beli 2 2 nya gan)

    XEON : Ampoon dah BOROS amit,, ane pake boncengan speed 40-80 kph. ane isi fulltank eh sampe rumah tinggal seperempat, jarak 80 – 100 km. CEPET PEGAL gan, tangan ane ma posisi duduk kurang NYAMAN, Lutut ane NYANGGROK mulu ama kantong bawah stang nye, (tinggi ane 172 cm) kakai susah SLONJOR, tangan kanan pegal buat jarak jauh, Lari Lumayan kenceng, Lebih dari MIO sporty/soul. ShocKbreaker agak keras, khususnya bagian depan, Suaranya agak KASAR (padahal masih baru) seperti MIO (getaran juga lebih besar)

    VARTECH: kalo diitung ama jarak yang sama (80-100 km) dengan speed sama (40-80) plus bebonceng dua, ternyata ane udah BUKTIIN kalo Vartech Lebih IriT gan, padahal tangki VARTECH lebih KECIL dibanding XEON, soal kenyamanan ane rasa VARTECH lebih NYAMAn coz Lebih pas posisi RIDE nya and ruang kaki lebih luas, tapi body agak lebih berat. ShockBreaker OK!! lebih empuk dibanding Xeon. dari segi SUARA sudah jelas VARIO Lebih HALUS gak NGOROK jadi bebas POLUSI suara, mesin halus minim getaran, jadi gak kesemutan.

    itu sedikit data dari pengalaman ane yang udah pernah punya matik 2 2nya ntu,, ane juga sempeet nyesel milih YMH , padahal baru ane pake bentar , tapi udah gak kuat miaranya, banyak ccd sana sini, alhamdulillah ane kemarin2 ganti vartech (meski hrs INDENT 1 MINGGU) tapi sampe saat ini belum ada keluhan dan memang lebih NYAMAN dipakai,

    XEON body agak membulat dan buntek (mirip banget sama SOUL)
    VARTECH body besar dan futuristik beda dengan pendahulunya VARIO biasa, ditambah FITUR tekno pada skutik Honda lebih mempermudah penggunanya,

    yang ane belum coba sih skutok SUZUKI, tapi ane udah pernah lawan SKYDRIVE pake bebek 125 cc , tuh matic masih aje didepan ane, kek na XEON vs SKYDRIVE masih jauh menang SKYDRIVE (,,,)

    its all up to u bro!!

  47. Dmna” Bagusan Vario Di Bnding Xeon_
    Bodi’a Gagahan Vario Mesin’a Bandelan Vario Di Banding Xeon Cc’a 125 Tpi g Bisa Buat jaminan.
    Harga jual Lbih Tinggi Techno Dbandingkn Xeon_

    Poko’a Techno terbang ninggalin Pesaing’a ….

    Wkwkwkwk………….

  48. kalo aku sih vario techno ajja… mesin halusgak kasar seperti xeon…enak lagi di pake tanjakan kalodi gunung” .. jadi aku pilih vario aja karna itu motorku.. hahaha/…

  49. Gue beli Sutekno warna putih kemarin tgl 21 Peb 2011 cuma 14.550jt. Gak sampai 15 jt an. Nggak mahal kok utk vitur canggihnya….

  50. oke gays aq pengen memberikan sedikit pendapatq ttg kedua matic ini vartech dan xeon, aq pernah pake keuda2nya satu hal yg peru diiingat aq bukan sales honda ataupun yamaha:
    untuk HONDA : keumuman bahan baku honda dimulai ari mesin sampai kepada body maupun sasis jelas honda kalah dibandingkan dengan yamaha, pada vartech plastik kap dsbnya lebih tipis bahkan penahan panas pada knalpot dibuat dari fiber shngga dengan demikian body vartech gampang bergetar satuhal yg buat aq gondok spidometer honda sifatnya menipu tidak sama dgn kecepatan motor tsb, secara mesin honda masih menggunakan teknologi jadul dimulai dari blok, piston maupun radiator, pada mesin jelas sekali honda lebih banyak menggunakan material aluminium shhga apabila qt terperosok ke dalam lubang dan mengenai mesin maka akan mudah mesin tsb pecah, piston pada honda masih menggunakan cetakan lama tidak sebagus xeon yg masih bagus ketika dipakai selama 5 tahun sedangkan pada honda umurnya hanya 1,5 tahun sbg bukti : perhatikanlah konsumsi BBM motor honda anda ketika setelah 2 tahun pasti menjadi boros, untuk perawatan honda membutuhkan banyak servis dikarenakan material mesin tsb, pada radiator honda tidak full radiator hanya setengah saja.
    untuk SASIS honda gampang ringkih (perhatika setelah penggunaan 2 tahun) pada yamaha bisa mencapai 5 tahun
    KELEBIHAN HONDA : dikarenakan mesin honda gampang renggang partnya pada mesin honda nyaman dikendarai untuk jarak jauh 150 s/d 300 km, posisi duduk vartech dan posisi kaki vartech lebih nyaman ketimbang xeon, untuk vartech baru beli jelas irit vartech dibandingkan xeon tapi apabila masuk tahun ketiga jelas irit xeon, pengereman honda lebih ungggul dibandingkan yamaha, pada yamaha ban belakang gampang terkuci, body dan penampilan lebih unggul vartech daripada xeon, vartech lebih dinamis dan keren

  51. untuk putaran pada mesin honda, honda menang di putaran menengah dan atas sedangkan pada xeon menang pada putaran bawah shgga xeon tidak nyaman digunakan utk jarak jauh yg lebih banyak menggunkan putaran menengah dan atas

  52. untuk YAMAHA : yamaha menang dari segi kualitas bahan motor tsb spt contah pada kap lebih tebal dibandingkan dengan vartech, pada mesin lebih canggih dan rapat serta material lebih banyak besi sehingga mesin xeon dapat digunakan 5 tahun bahkan lebih dan minim perawatan sbg contoh untuk mesin yamaha jupiter z aq membelinya tahun 2008 kurang lbh 3 tahun aq hanya menservicenya 2 x, aq hanya ganti oli saja sedangkan pada mesin honda tidak mampu spt ini kalo tak percaya silahkan coba, blok xeon jelas lebih bagus dibandingkan vartech begitujuga dengan radiator, pada radiator xeon full radiator sdgkan vartech tidak, untuk kehalusan mesin jelas lebih halus xeon dikarenkan material mesin xeon timbul pertanyaan mengapa vartech lebih lembut suaranya dibandingkan xeon jawabannya adalah honda mengakali knalpot pada vartech shgga lebih halus kedengarannya, satu hal yang membuat aq sebal dengan xeon, xeon bercc gede tapi hpnya hanya sedikit berbedadengan vartech why…………?, xeon hanya menang pada putaran bawah sedang putaran menengah dan atas tidak, emang lbh kencang xeon dibandingkan vartech tapi ketika qt menggunakan putaran menenga dan atas pada xeon suara meraung-raung xeon jelas terdengar, pada posisi dudukpun tidak senyaman vartech begitu juga dengan posisi kaki, xeon ini sangat mirp dengan nuovo why………..?, bentuk body dan penampilannya jadul banget terlebih tampilan depannya

  53. klo saya si liat na gk susah2 amat.. kalo mank mesin bagus dari dlo perasaan kalo di event balap.. untuk kelas bbek ato drag di indonesia maupun di thailand… yg megang rekor pasti yamaha dan suzuki

    honda pny event sndiri baru bisa adu honda.. lagian untuk sperpart yamaha selalu terdepan hehehe.. ini si fakta aja…

    soal spec mesin si gw prefer xeon.. emank blm beli.. tapi dari data2 yg gw liat si bagus xeon hehehe…

    soal boros kan bisa di liat di karbu Xeon lebih unggul ada sistem baru.

    trus soal Vario.. dia kan yg rem bareng2 doank… it jg gk gt bagus kalo belok.. bisa resiko kunci ban .. dan jatuh dehh ehheheeh

    terima kasih selamat jualan

  54. ga suka dua2nya.
    test paryo 1st gen ga uenak poll. di start kudu denger suara pletak dulu bikin ill feel. posisi duduk ga nyaman. rem ga pakem. utk speed ok lah cuma ngeri aja krn rem ga mendukung.

    test siol: asli ora penak…. pegel. boros. ga ada tenaga di putaran atas. mau masuk 100 aja ngeden kaya mau beranak.

    jd kesimpulan saia pribadi: tuh motor 11-12 ama pendahulunya.

    sekian dan wassalam

  55. Ane punya Vartec ama Xeon, tp knp ya xeon tuch nyebelin banget motornya…. dari masalah boros, mesin kasar banget trus body klo buat lari diatas 80 km/jam kok kayak limbung alias gk stabil. Trus pada kaki2 kyknya bahannya kurang bagus, masa xeon ane abis kejeduk lubang galian langsung pelegnya retak. bodynya jg dah jadul. Beda ama Vartec yg elegant, irit, hrg jual lg lebih tinggi, body stylis, stabil, mesin halussss, gk gampang panas pd mesin, kaki2 kuat, akselerasi yahud, pokoknya yahud dech. Kayaknya Xeon ane jg mau ane tuker ama Vartec aja dah. Pokoknya bagaimanapun HONDA emang No.1. Yamaha aja tuch yg kepedean padahal motor2nya pada gk layak dikendarai, nasibnya aja yg lagi mujur.

  56. xeon handling mantap, bbm 1/40, akselerasi ok, mesin halus dan bertenaga, suspensi empuk
    q pemilik xeon S 5037 DA

  57. Ndak Ada yg bagus ato jelek, kl itu punya’mu ya bgus2 aja, kl punya orang laen yg jelek, bener to,,,,,,,,

  58. Bagi gw xeon paling oke.. tenaga mantep, tarikan tergantung yang bawa 🙂 Handling yahut untuk antisipasi masuk lubang.. nikungnya wih sipp.. bensin gak boros2 amat.. pengalaman pribadi dari rumah ke tempat kerja 65 KM (PP 130 KM) setiap harinya isi Rp.12.000 (untuk pulang pergi).. boros kagak ?

  59. wah…wah…wah…mau itu HONDA ato YAMAHA ato apapun MEREKNYA smua sama aja…smuanya tergantung dari pengguna…HANDA n YAMAHA sama bagusnya..kalo dirawat baik2 y Bagus2 aja tuh motor…

  60. saya emg termasuk fanatik dengan yamaha,tp kalau x dgn vario tehcno,sy libih pilih vario,karena selain vario lebih oke body nya,vario juga lebih irit,dan waktu kita sedang tancap gas,dan tiba tiba kita kendor gas,vario libih enak,di bandingkan dengan x.

  61. XEON TAMPANG JADUL, BODY GA JELAS, GEMBUNG SANA SINI KAYA BUNTELAN KENTUT, MATIC MUNGIL BELAGU PAKE CC GEDE, MANG LO MAU BALAPAN APA BUAT HARIAN. KLO MAU BALAPAN NGAPAIN LO BELI MATIC, BELI AJA SEKALIAN MOTOR 250CC KE ATAS, KLO GA PUNYA UANG ? YA KERJA DONK, KUMPULIN DUIT YG BANYAK, KLO BANYAK KEBUTUHAN LAIN ? YA ITU DERITA LO.

  62. Td ad yg bilang V techno top speed 130km/jam?
    Dusta
    Sama suzuki thunder 125ku aj kalah
    Padahal thunderku larinya cma 110km/jam

    Klw skywave n nouvo q percya,
    Larinya knceng

  63. Ada yg bilang udah bli vario,
    Ada yg bilang udah bli xeon,
    Adayg yg bilang udah bli 22nya,
    Smw nya asal2an
    Paling2 sales.

    Dusta smw!!
    Q g percya!
    Q perlu bukti bukan janji

    Klw q mending pilh thundher j,
    Wlw g bisa lari
    Q tetep cinta
    Maklum hasil keringat sendiri

  64. Gan, jgn lupa kreditanx di bayar ya?? di thread ini kyx udah pada nunggak smua ni. .
    telat 2 bln. aliaz blom lunas… ayo di bayar ya gan , . . . monggo…

    • jngan salah sama CBS,coba kitalupa stell rem blkg bisa gedubrak tu motor,kan sistem rem depan blkng beda, yg gampng aja kalo rem belakang agak dalam rem parkir g fungsikan ? begitupun CBS nya kalo rem blkng dalam sedng rem depan stabil bs nungging

  65. klo w lbih prefer k honda vario,wlwpun cc lbih kcil tapi sudah mngdpankan fitur kslmtan yaitu CBS nya.udh gtu lbih irit,secara w udh bsen sma mtor boros,w yakin cie xeon bkal lbih boros dri mio.

  66. kemaren liat spacy,,,buju….gede amir,,,,dulu pada gag mau soul cos bodynya kegedean,,,,ternyata spacy lebih parah…….

  67. xeon body krng(tp dah bikin pd) tp mesinnya yahud,diacyl cylinder&forget piston,kompresi 10,9:1,tariakn mantaf tanjakan juga g kalah sama yg bergigi.
    kalo jarak jauh neon sama lik no mlh irit lekno. kalo ada yg blng 11-12 sama soul tu boong plng blm kredit br liat dilmpu merh wkwkwk

  68. likno pake CBS,tp kalo jln jauh kan sitng rem blkng brbh lain kalo yg depan kan dah cakram/hidraulis jd tak perlu penytln,jd kalo jarak jauh/srng jln jauh lupa stel rem blkng apa ga bhy cuma ciet didepan aj,swit distandar kalo banjir kotor gmn,standr kan jg rawan getaran pak g perlu perwtn ektra kan jaman dah masuk ke MF(bbs perwtan) cakram depan pny likno jg krs msh nyamn puny neon.

  69. xeon body krng(tp dah bikin pd) tp mesinnya yahud,diacyl cylinder&forget piston,kompresi 10,9:1,tariakn mantaf tanjakan juga g kalah sama yg bergigi.
    kalo jarak jauh neon sama lik no mlh irit neon. kalo ada yg blng 11-12 sama soul tu boong plng blm kredit br liat dilmpu merh wkwkwk

  70. likno empuk(tp pnglmn teman sock blkng cepet rembes),tarikan halus,suara halus dikenalpot tp,tp diajak nikang/u jg agak kaku,rem CBS(perlu extra setel rem blng) rawat swit standar.
    neon lbh keras dikit tp tarik nyus brtenaga,manuver ok,rem ok.
    suara mesin halus,suara knalpot garing bertenaga….
    plh mana ? kalo saya tetep neon….wkwkwkwk

  71. apapun jenisnya coba ikutin di belakang maticnya yamaha kacian peleknya pada centil, gampang geol karawang, kalo honda? nggak ada yang gitu tuh

    • y namanya produk ada lebih ada krng,kalo mslh velg geol ga begitu parah,tp kalo body yg miring gmn……msk hrs gnti body

  72. dah bkin mtor bru aja VXERION namanya,capek liet yg laen pd debat, nie mumpung w blm bli antara keduanya knp gk kerjasama aja ky toyota n daihatsu menjadikannya mobil paling laku sepanjang sejarah INA. nah klo kejasama kan enk tuh bsa saling melengkapi toh

  73. Udah Gak usah Berdebat, the choice is yours !!!
    Ini saya share pengalaman saya memakai Vartech (punya istri) dan Xeon (baru beli buat dipake saya).
    VARTECH : Gegas di tarikan menengah, posisi nyetir nyaman, shock empuk, emang untuk long riding kasihan yang dibonceng (bini gw sering ngomel karena kaki jd anget), body gw suka (terutama tampak depan.fitur CBS gak terlalu berasa, karena jujur aj malah ganggu kalo pas lagi nikung). Starter bikin ilfeel dgn bunyi gubrakkk ! Ky mesin mau ambrol. Mesin cepat panas. Servis harus rutin dan sering. Spare part mahal, lama-lama dilihat bentuknya ngebosenin karena aftermarket terbatas.

    XEON : Lebih gegas dari Vario (gw blm berani top speed krn masa reyen), tp so far so good. Posisi nyetir sedikit kurang nyaman dibanding Vario. Mesin kasar ??? That’s bullshit !!! SHOCK keras terutama bagian belakang, Body biasa aja tapi sangat memungkinkan untuk modif dan aftermarket. Bagasi Luas.Kalo untuk kebandelan mesin motor tahun 2000 keatas, gw prefer merk Yamaha daripada Honda (no offense ya, karena pengalaman pribadi). Gw masih punya Honda Tiger 1996 masih ok. Smtr Kharisma bini gw mesinnya ancur dah (trus ganti vario). Sementara gw jg punya Yamaha Vega 2005 so far so good.
    GAK USAH NGOMONG IRIT VARIO apa XEON ! Matic semuanya hampir sama. Tinggal Cara Pakenya aja !!! Pingin irit ya bawa motor kecepatan stabil, jangan buka tutup gas sak karepmu !!! Lihat kapasitas tangkinya aja beda, kalo sering bolbal ngisi krn emang tangkinya kecil. Jarum Bahan bakarnya jg menyesuaikan (efek psikologis).
    Kalo gak pingin kerasa boros, ganti aja tuh Tangki pake Gentong !!!!

  74. yang gw rasa sih emang lbh nyaman vartech tapi coba dong perbaiki tuh radiator biar gk kepanasan nih kaki.
    kya nya untk CBS perlu perawatan lbh jadi mending non CBS aja dah…

  75. kalian smua komenx pada parah parah semua!!!! gue beli vespa tuu awet dah 20 tahun, di pake tabrakan kap”x ndak pecah sedangkan motor laien hancur ntu kapx!!! ccx bih gede ga sprti motor kalian itu yg pelit di cc…. hancur smua matik itu

  76. bapak bapak sales, target sales nya dah tercapai belum, ? .jangan sampai dirut diganti ya? gara gara bapak bapak browsing melulu

  77. ya ampyuuunn jd bingung tambah bingung nih mau beli yang mana..
    vartech dr segi design emg bgs.xeon juga ga kalah sih..tapi kalo untuk ukuran sih ak suka body vartech yg gedhe..
    andai xeon bodynya ky vartech udah pasti ak plih xeon.. 😦
    tapi indent vartech kok luamaaanya inta amploop..beda sama yamaha yg ga perlu waktu lama.knapa bisa begitu ya?

  78. Rame amattt…
    Perang antar penjual mnurutku malah ngebingungin custmer, lbh baik kita kembalikan pada custmer biar mereka yg memilih kan dah dijelasin dgn detail diatas.
    Coba debat “Tahu dan Tempe” pada pilih mana tuch?

  79. Kayaknya banyak org jualan Honda ya? Perkataan bagus vario tidak sebagus kenyataannya.
    Klo xeon diatas emang bener shock belakang keras…

    Vario bodynya getar n agak boyot klo ditarik jadi kadang kerasa capek klo macet… Klo posisi kurang nyaman xeon bisa diakali… Mundur aja kebelakang kan jadi selonjoran…

    Ada kurang ada lebih lah… Tergantung preferensi masing2. Klo mo mantab harus nyoba jgn dengerin 100% sales. Mereka punya misi jualan kita punya hati n pikiran buat membuktikan. Selanjutnya kepuasan ada ditangan masing2…

  80. ymh masa lalu kemarin2 aja ymh bs juara di segi sale krn faktor VR di moto GP tp skg honda kmbli lwt CS stoner…u/model,fitur.ekonomis n hrga jual bekas jauhlah VT lbh unggul makax gw rcn meli VT ajah biar kga nyesal.. mau gaya pakai VT ajah

  81. sekedar info di kota makassar VT byk di gandrungi kalangan pengusaha muda.tdk tau jg knp? tp mungkin krn style nya yah??…

  82. VARIO TECHNO … Putih wowww…. Keren abiz zzzz anak muda bgt …. Kalo mio xeon …. Gendut bgt cocoknya buat tante – tante hikz….

  83. Koment gw tentang motor skutic:

    1. Pernah boncengin bini dan dua anak (bobot 180 kg) pake hayate 125 cc, terus ketemu pasangan boncengan pake vario, spacy, xeon dan mio. Wuih sgt prihatin, motor tsb terlihat kecil spt tenggelam buat boncengan. Jauh bgt dibanding hayate yg terlihat kokoh elegant.

    Lbh prihatin lg liat xeon sama mio. Kayak mau patah buat boncengan!!

    Hayate jg matic dg design terbaik dikelas 100-125cc.

    2. Dgn double shock, ring velg 16” dan mesin 125 cc, membuat hayate terasa lbh nyaman dibanding yg lain. Tenaga mesin spt gak abis2 pada putaran menengah dan atas. Pd kecepatan tinggi, hayate sgt2 stabil.

    Vario dan xeon mah dg mudah kelibas.

    3. Rasio harga dan performance, hayate jg paling kecil. Artinya dg harga murah, anda mendapat motor berkualitas.

    4. Sparepart hayate jg murah. Spare part suzuki mahal cuma mitos. Paling kalo beda cuma 50 ribu.

    5. Harga jual suzuki jeblok? Woi, gw bukan pedagang motor bekas. Ane beli motor baru buat dipake, bukan buat dijual lg..

  84. Kalo menurut gw, kita sbagai orang indonesia jangn trus2 pengen di jajah oleh mereka, harusnya brpikir orang indonesia harus bisa bikin motor yang kren dan berkwlitas jgn smpai kalah ma orang luar, sya yakin orang indonesia pada2 pntar ama teknologi, yg pengen trus2 bagus2in buatan orang itu namanya orang penghayal yang trus2 bermimpi, bisa ngomong tpi tak bisa berbuat, coba orang sperti apa itu??? Ayo dukung trus anak-anak indonesia sbagai generasi penerus bangsa, sya yakin kalo ada kemauan pasti akan ada jalan. Hidup indonesia, merdeka….

  85. DARI SEMUA KOMENT SAYA SANGAT PRIHATIN….MENGAPA??? KITA CUMA BISA BERDEBAT MASALAH PRODUK ASING TELAH MENJADI GAYA HIDUP……BAGAIMANA PRODUK SENDIRI TAK PERNAH DI SENTUH SEPERTINYA PENJAJAHAN DI MUKA BUMI INDONESIA BELUM BERAKHIR…………LIAT INDIA , IRAN , BAHKAN MALAYSIA UDAH BISA MELUNCURKAN PRODUK2 MEMBANGGAKAN…MANA MOTOR INDONESIA. MANA MOBIL INDONEISA? MANA RUDAL INDONESIA?? BISANYA CUMA BELI N BELI…..BAYI AJA BISA KALO CUMA BELI !!!!!!!!

  86. Dari pada pusing2 milih antara 1 lebih baik kayak gue aja.gue beli xeon,istri gue beli techno.sama sama mantap ne duaduanya.cuma xeon agak boros dikit ketimbang techno.

    • Gw bingung neh lihat coment anda2, padahal rencana mo beli VARTECH
      tp lihat coment yg ada jd berubah pikiran pengen Y.XEON, tp lihat coment tentang Y.XEON jd berubah fikiran lg dan buat kesimpulan tak ada yg baik.. mending guwa beli mobil aja deh… AVANZA atau INNOVA kali ya ??? tolong info nya..he he he

  87. Regards for posting “Duel Skutik: Xeon 125 vs Vario Techno BroArdy’s Perspective”. I personallywill certainly wind up being coming back for more browsing and commenting here soon enough. Many thanks, Estella

Leave a reply to MOBYDICK Cancel reply